Mohon tunggu...
Any Sukamto
Any Sukamto Mohon Tunggu... Belajar dan belajar

Ibu rumah tangga yang berharap keberkahan hidup dalam tiap embusan napas.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Ayam Kecap Plus-plus, Bekal Sehat Menghadapi New Normal

2 Juni 2020   11:02 Diperbarui: 2 Juni 2020   11:00 31 14 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayam Kecap Plus-plus, Bekal Sehat Menghadapi New Normal
Ayam Kecap plus-plus. Dokpri



Wacana segera diberlakukannya new normal sebagai langkah awal hidup berdampingan dengan covid-19, membuat para emak mulai resah. Beberapa pertimbangan memang masih dikaji, tetapi mau tidak mau harus menghadapi kondisi normal yang berbeda dengan sebelumnya. 

Hidup harus selalu bersih dan sehat.Untuk mempersiapkan itu pula, pola makan juga harus diperhatikan. Salah satunya dengan meningkatkan asupan gizi dan kebutuhan zat lain yang diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Untuk itu, harus dicari cara agar anak yang tidak suka makan sayur tetap mendapat asupan gizi, seperti yang terjadi pada anak saya. Salah satunya dengan kreasi masakan.

Salam satu andalan saya adalah memasak ayam. Selain mudah didapat dan diolah, ayam juga mengandung protein yang dibutuhkan bagi pertumbuhan anak. Mengolahnya pun tidak butuh waktu lama.

Berikut adalah bahan dan cara masak ayam kecap plus-plus ala saya. 


Bahan :
1. 1/2kg ayam, potong sesuai selera
2. 4 siung bawang putih (cincang)
3. 1 buah bawang bombai (ukuran sedang) potong memanjang
4. 2 buah cabe merah besar potong memanjang
5. 2 buah wortel potong memanjang juga
6. 2 buah tomat (sedang)
7. Jeruk nipis separuh (untuk mencuci ayam)
8. Kecap, merica, gula dan garam secukupnya

Bahan pelengkap. Dokpri
Bahan pelengkap. Dokpri
Cara memasak:

1. Cuci bersih ayam. Setelah itu beri perasan jeruk nipis, garam dan merica lalu sisihkan2. Siapkan bahan lain untuk dipotong-potong, cabai, bawang bombai, wortel, tomat dan bawang putih
3. Siapkan wajan dan minyak untuk menggoreng ayam. Setelah panas, masukkan ayam yang sudah diberi garam tersebut. Cukup setengah matang saja tak perlu sampai kering. Sisihkan.
4. Tumis bawang putih cincang dan bawang bombai, jika sudah tercium aromanya masukkan wortel hingga sedikit layu. Jika sudah, masukkan cabai merah. Berikutnya ayam yang sudah digoreng, tuangi kecap dan aduk hingga rata. Jika ayam sudah terlihat mengkilat, masukkan tomat, merica, gula, dan garam. Tunggu beberapa saat dulu agar bumbu menyatu dan koreksi rasanya. 

Ayam dan bahan pelengkap dicampurkan
Ayam dan bahan pelengkap dicampurkan
Hidangkan ayam kecap dengan nasi hangat, anak-anak pasti suka tanpa menolak keberadaan wortel yang ada di dalamnya. Ada tomat juga bombai yang melengkapi gizinya.

Sebagaimana kita ketahui, tomat merupakan anti oksidan yang baik. Selain itu kandungan vitamin dalam tomat sangat banyak. Antara lain : A, B1, B3, B5, B6, B7, K, dan vitamin C yang sangat tinggi. Adapun kandungan mineralnya adalah: folat, kalium, fosfor, besi, zink, kromium, magnesium dan kolin.

Sama halnya dengan tomat, wortel juga memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, B9, C dan A yang baik untuk mata, terlebih bagi yang mengalami masalah dengan melihat jauh. Kandungan mineral pun banyak, antara lain kalsium, besi, fosfor, kalium, sodium dan kalium.

Bawang bombai mempunyai kandungan energi, serat, lemak, kalsium, kalium, natrium, C, B2, zink, karbohidrat, protein, karoten dan besi.

Jadi, tidak ada yang perlu diragukan lagi kalau hanya menghidangkan satu menu untuk bekal anak-anak bukan? Selamat mencoba.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x