Mohon tunggu...
Anysia Ashari
Anysia Ashari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Jurusan Ilmu Komunikasi

Seorang Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Jurusan Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Sehat di Masa Pandemi dengan Bersepeda

25 Juli 2021   00:23 Diperbarui: 26 Juli 2021   10:22 125 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sehat di Masa Pandemi dengan Bersepeda
sumber : mediaindonesia.com

Pandemi covid – 19 yang mulai terjadi di awal tahun 2020 ini sudah berlangsung selama 1 tahun. Bukan hanya di Indonesia saja, pandemi covid – 19 juga terjadi di seluruh dunia. Virus ini menyerang kondisi kesehatan kita, maka dari itu untuk mencegah penularan virus diperlukan pola perilaku hidup bersih dan sehat, lalu menghimbau kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan diantaranya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selain itu pola perilaku hidup bersih dan sehat dimulai dengan melakukan olahraga teratur dan menajaga asupan gizi untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh dalam menghadapi virus covid – 19. Dharma Raflesia dalam artikelnya yang berjudul Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga dan Asupan Gizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19 dalam Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS Vol. 18, No. 02 (2020) Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga berperan dalam pencegahan infeksi covid – 19.

Meningkatkan sistem imun tubuh juga termasuk saat kita melakukan aktivitas olahraga. Olahraga yang banyak diminati selama pandemi covid – 19 yaitu olahraga bersepeda. Awal mula bersepeda diminati masyarakat yaitu akibat penerapan PSBB hingga sekarang PKKM  di Indonesia yang dimana masyarakat merasa jenuh berada di dalam rumah, kemudian melakukan aktivitas bersepeda di luar rumah sebagai salah satu cara untuk mengurangi kejenuhan.

Ema Novita Deniat dalam artikelnya yang berjudul Hubungan Tren Bersepeda dimasa Pandemi Covid-19 dengan Imunitas Tubuh Lansia dalam Jurnal Sport Science and Health Vol. 3(3): 2021 ia mengutip bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang termasuk olahraga low impact yang dapat menjaga kebugaran tubuh. Kegiatan bersepeda dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya mampu meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, sistem peredaran darah, dapat mencegah obesitas, membakar lemak, dan meningkatkan energi atau kekuatan dalam tubuh.

Dengan banyaknya minat masyarakat terhadap olahraga bersepeda, sampai – sampai harga jual sepeda meningkat di awal masa pandemi dan masyarakat rela mengantre hanya untuk mendapatkan sepeda. Bukan hanya itu saja banyak komunitas – komunitas baru sepeda yang mulai bergerak lagi, tetapi protokol kesehatan terkhusus menjaga jarak harus selalu dilaksanakan ketika sedang berkumpul dengan komunitas sepeda.

Dalam melaksanakan protokol kesehatan saat melakukan olahraga bersepeda, masyarakat juga harus tetap memastikan bahwa kondisi kita sedang fit kemudian yang paling penting menggunakan masker. Walaupun mungkin terasa sesak, masyarakat juga harus memilih masker dengan bahan yang menyerap supaya pernapasan kita stabil dan tidak terganggu. Dengan hal ini olahraga bersepeda adalah salah satu peluang untuk meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari virus covid – 19 dan alternatif untuk mengisi waktu luang masyarakat yang merasa jenuh di masa PPKM.

Anysia Ashari, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN