Mohon tunggu...
Anton Sujarwo
Anton Sujarwo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Buku, Freelancer, Content Writer, Pengajar Kelas Literasi

Saya suka mendaki gunung disamping menulis. Saya juga mengajar untuk Kelas Menulis Online dan menjadi teman belajar bagi siswa-siswa di sebuah Madrasah Aliyah. Tulisan saya tentang dunia penulisan dapat dilihat di: www.penulisgunung.id

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Terpecahkan! Rekor 30 Tahun Pendakian Solo Eiger North Face oleh Laura Tiefenthaler

8 April 2022   13:27 Diperbarui: 8 April 2022   13:42 1102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: www.akasakajournal.co.id

Tidak ada yang tahu nama Laura Tiefenhaler sebelumnya. Ia hanyalah seorang gadis cantik asal kota Innsbruck, Austria, yang suka bertualang dan memanjat tebing. Selebihnya, Laura Tiefenhaler adalah sosok yang sama sekali tidak populer.

Namun itu berubah setelah apa yang ia lakukan pada tanggal 25 Maret 2022, atau sekitar dua minggu yang lalu. Di atas tebing gunung Eiger North Face yang mematikan, gadis cantik itu mendaki seorang diri, menaklukkan rute legendaris Hekcmair hanya dalam waktu 15 jam pemanjatan.

Dengan pendakiannya ini, Laura Tiefenhaler secara tidak langsung telah mengukir namanya sebagai perempuan kedua di dunia yang berhasil menyelesaikan pendakian Heckmair Route Eiger North Face secara solo. 30 Tahun sebelum kehadiran Laura, ada nama Catherine Destivelle yang melakukan pemanjatan serupa dalam waktu 17 jam.

Lantas, siapa sebenarnya Laura Tiefenhaler?

Laura TiefenHaler dan Pendakian 15 Jam di Eiger North Face Secara Solo

Sumber gambar: www.arcopodojournal.wordpress.com
Sumber gambar: www.arcopodojournal.wordpress.com

Dalam sejarah pendakian gunung Eiger, khususnya melalui sisi utara yang fenomenal atau lebih dikenal dengan istilah Eiger North Face, hanya ada tiga nama pendaki wanita yang pernah menjajalnya secara solo.

Nama pertama adalah Catherine Destivelle, seorang Dewi Gunung dari Perancis yang pernah melakukan ekspedisi ke Latok 1 bersama dengan mendiang Jeff Lowe. Destivelle menaklukkan tebing Eiger pada tahun 1992 dalam sebuah pendakian selama 17 jam. Dan itu adalah rekor dunia.

Nama pendaki perempuan selanjutnya adalah Alison Jane Hargreaves, pendaki gunung wanita dari Inggris yang terkenal dengan ekspedisi tiga puncak tertinggi dunia. Pendaki wanita yang juga pernah mencapai puncak gunung Everest secara solo melalui Jalur Utara pada tahun 1995 dan tewas setelah mencapai puncak gunung K2 di tahun yang sama beberapa bulan setelahnya.

Nama ketiga adalah Evelyn Binsack, seorang petualang wanita dari Swiss yang pernah menempuh jarak hingga 27.000 km dalam sebuaha ekspedisi di Kutup Selatan selama satu tahun lebih.

Di Eiger North Face, baik Alison mau pun Binsack menggunakan Rute Lauper yang tentunya berbeda dengan Heckmair Route yang dianggap lebih legendaris. Alison mengunjungi Eiger secara solo pada tahun 1993 sementara Binsack tahun 1994, keduanya sukses mencapai puncak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun