Mohon tunggu...
Anton Sujarwo
Anton Sujarwo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Buku, Freelancer, Content Writer, Pengajar Kelas Literasi

Saya suka mendaki gunung disamping menulis. Saya juga mengajar untuk Kelas Menulis Online dan menjadi teman belajar bagi siswa-siswa di sebuah Madrasah Aliyah. Tulisan saya tentang dunia penulisan dapat dilihat di: www.penulisgunung.id

Selanjutnya

Tutup

Trip

5 Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Mendaki Gunung dan Bertualang

24 Desember 2021   09:53 Diperbarui: 3 Januari 2022   15:50 756
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi bertualang dan mendaki gunung tentu saja bukan hobi yang murah untuk dilakoni. Perjalanan yang dilakukan ke berbagai pegunungan dan tempat eksplorasi, sudah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi berbagai perlengkapan bertualang dan mendaki gunung yang untuk item tertentu, juga memiliki harga yang tidak dapat dikatakan murah.

Namun hobi mendaki gunung dan bertualang juga bukan hobi yang negatif lantaran kesan pemborosannya yang mungkin begitu melekat pada beberapa orang. Di balik kegiatannya yang melelahkan dan penuh risiko, mendaki gunung dan bertualang juga memiliki banyak manfaat. Manfaat kesehatan, mentalitas, pengembangan emosi dan melatih jiwa kepemimpinan, adalah beberapa efek positif yang dapat diambil dari hobi bertualang.

Akan tetapi yang paling menarik dan mungkin belum diketahui banyak orang adalah; bahwa hobi seperti ini juga bisa membuat kamu menghasilkan uang. Jadi sembari terus mendaki dan bertualang ke berbagai pelosok negeri, kamu juga dapat terus menghasilkan uang yang mengalir ke kantong dan rekeningmu.

Tapi, bagaimana caranya?

Ini adalah beberapa di antaranya, atau kamu juga bisa melihat informasi lengkapnya disini.

Membuka Jasa Endorsement

www.akasakaoutdoor.co.id
www.akasakaoutdoor.co.id

Cara pertama yang bisa kamu tempuh untuk menghasilkan uang dari hobi sebagai seorang pendaki gunung atau petualang adalah dengan membuka jasa endorsement. Dengan menjadikan dirimu sebagai bintang iklan suatu produk, merek, atau jasa tertentu, maka kamu berhak mendapatkan bayaran yang dapat kamu tentukan sendiri jumlah dan besarannya.

Namun untuk layak menjadi seorang endorser seperti selebgram atau bintang youtube dan lain sebagainya, kamu tentu saja harus memenuhi kriteria terlebih dahulu. Lantas, apa kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat menawarkan jasa endorsement atas dirimu atau pun akunmu di media sosial semacam instagram, youtube dan juga facebook?

Cara yang paling realitis tentu saja kamu harus memiliki follower atau pengikut yang cukup banyak terlebih dahulu. Jika akun follower instagram-mu mencapai jumlah ratusan ribu, subscriber youtube-mu juga banyak, maka tentu saja membuka jasa endorsement dapat kamu lakukan untuk menghasilkan uang sembari terus menekuni hobimu mendaki dan bertualang.

Menjadi Brand Ambassador

www.akasakaoutdoor.co.id
www.akasakaoutdoor.co.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun