Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mencegah Stunting dengan Pola Hidup Sehat

27 Januari 2022   16:38 Diperbarui: 27 Januari 2022   16:39 222 13 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Shutterstock via gaya.tempo.co

Kita telah di ingatkan dengan adanya Hari Gizi 2022, pada tahun ini semestinya bangsa Indonesia sudah terbebas dari kehidupan yang serba kekurangan, baik kurangnya makanan yang bergizi maupun asupan makan yang kurang bernutrisi sehingga kondisi kesehatan tubuh kurang baik.

Nah, stunting merupakan keadaan yang diakibatkan oleh kurang bagusnya asupan gizi, anak yang lahir prematur, seringnya terserang penyakit infeksi dan biasanya banyak terjadi pada anak yang sedang masa pertumbuhan.

Penyebab terjadinya stunting pada anak, biasanya diakibatkan oleh kurangnya asupan gizi selama dalam kandungan. Hal ini menyebabkan pertumbuhan bayi selama dalam kandungan kurang baik, tidak terpenuhinya gizi dan kurangnya nutrisi yang diterima janin.

Kurangnya asupan gizi ibu hamil, menyebabkan pertumbuhan bayi dalam kandungan terhambat dan berlanjut setelah bayi tersebut lahir, oleh sebab itu seorang ibu yang sedang hamil sangatlah penting tercukupinya asupan makanan kaya gizi dan nutrisi.

Selain itu, penyebab stunting juga bisa diakibatkan oleh kurangnya gizi saat masa pertumbuhan, terutama semenjak lahir sampai umur 2 tahun ASI nya harus terpenuhi dengan baik, makanan pendamping ASI harus berkualitas dan makanan yang bergizi tinggi dan berkualitas mesti terpenuhi dengan baik.

Stunting juga dapat diakibatkan oleh beragam kondisi dan keadaan yang pada intinya pertumbuhan tubuh seseorang terhambat sehingga terlihat kurus, kecil dan kurang tinggi. Tidak seperti layaknya, sebagaimana pada umumnya.

Upaya pencegahan terjadinya stunting dapat dilakukan dengan beragam cara, seperti memberikan asupan makanan bergizi sesuai kebutuhan, mempelajari arti pentingnya makanan yang bernilai gizi dan bernutrisi.

Stunting juga dapat di cegah dengan membiasakan diri untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, kandungan makanan yang bergizi seimbang dengan kebutuhan tubuhnya, tidak merokok, tidak mengkonsumsi narkoba dan selalu belajar akan arti pentingnya hidup sehat.

Kebiasaan hidup sehari-hari tentunya sangatlah berpengaruh terhadap kondisi tubuh, agar tidak terjadi stunting pada orang dewasa, maka sebaiknya memahami budaya hidup sehat.

Senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih, sehat, memahami pentingnya olahraga, dan tercukupinya nutrisi serta gizi bagi tubuhnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan