Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hindari Berbicara Sekadar Mencari Perhatian

9 September 2021   13:06 Diperbarui: 9 September 2021   13:21 107 20 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hindari Berbicara Sekadar Mencari Perhatian
Ilustrasi by iStockphoto/SIphotography via cnnindonesia.com

Mengapa anda berbicara dengan orang lain? pertanyaan yang sederhana ini jarang sekali dipertanyakan oleh kebanyakan orang di dunia ini. 

Sebabnya adalah mereka belum berfikir untuk memberikan jawaban yang tepat, barangkali pertanyaan itu memerlukan jawaban yang bersifat stereotif.

Hindari Berbicara Sekedar Mencari Perhatian, karena suatu pembicaraan dilakukan semestinya memiliki tujuan dan target yang ingin dicapai.

Sebagian orang berkata, percakapan adalah sebuah sarana yang ideal untuk mengekspresikan apapun yang ada di dalam benak seseorang. Percakapan juga merupakan media agar dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Sebagian lagi ada yang mengatakan, bahwa percakapan adalah sarana komunikasi yang sangat berkesan terhadap diri manusia, hal ini di sebabkan pembicaraan yang di dengar langsung dari pembicara itu lebih melekat di hati pendengar dari pada kata-kata yang tertulis.

Menurut hemat kami, pembicaraan atau percakapan dengan orang lain pasti memiliki tujuan dan target tertentu. Tujuannya adalah sebuah ekspresi diri atau pengungkapan atas apa yang di inginkan orang lain kepada diri kita dan apa yang kita inginkan terhadap orang lain.

Sementara itu, ada lagi kelompok lain yang memiliki pendapat berbeda. Menurut mereka, pembicaraan merupakan sebuah sarana untuk mengekpresikan diri dalam rangka menarik perhatian orang lain.

Untuk selanjutnya, kami tidak lagi mengutarakan pembicaraan sebagai sebuah sarana komunikasi. Kami lebih melihat sisi lain, yaitu pembicaraan merupakan sebuah media untuk menarik perhatian orang lain. 

Seseorang yang berbicara seperti ini tidaklah bertujuan untuk mengungkapkan atau menyampaikan sesuatu yang sangat penting. Namun, hal itu hanyalah untuk mengekspresikan jati dirinya dan mencari perhatian orang lain. 

Karenanya mungkin saja pembicaraan tersebut dapat menimbulkan manfaat atau bisa juga tidak. intinya, berbicara dan menarik perhatian orang lain adalah sarana untuk menyenangkan diri seseorang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan