Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mengenal Teknik Pengumpulan Data dalam Menulis Skripsi

29 Juli 2021   13:59 Diperbarui: 31 Juli 2021   03:45 624 36 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar: Mengenal Teknik Pengumpulan Data dalam Menulis Skripsi (Sumber: www.pexels.com)

Menulis skripsi menjadi sesuatu yang diwajibkan oleh semua perguruan tinggi, yang diberlakukan bagi setiap mahasiswa semester akhir  untuk meraih gelar kesarjanaannya. 

Sesuatu yang tidak bisa di pungkiri dan tidak bisa di hindari pula karena memang sistem pendidikan nasional pada jenjang strata satu, telah menjadikan penulisan skripsi ini sebagai salah satu syarat kelulusan.

Semua mahasiswa akhir di tuntut agar melakukan penelitian dahulu sebaik-baiknya terkait bidang keilmuan yang di tekuninya.

Mengenal teknik pengumpulan data dalam membuat skripsi ini sangatlah penting untuk diketahui oleh setiap mahasiswa, jangan sampai melangkah mulai mengajukan usulan penelitian kepada dosen walinya dan ingin membuat skripsi tapi tidak tahu sama sekali metode yang seharusnya dipakai untuk mengumpulkan data yang akan di olahnya.

Wah jika tidak tahu bahaya sekali, nanti he he... di marahin sama dosennya! kalau memang selaku mahasiswa tidak tahu menahu cara pengumpulan data yang akan dilakukan ketika melakukan penelitian.  

Skripsi biasanya dibuat dalam pengawasan, bimbingan dan arahan dari dosen yang telah ditugaskan oleh pimpinan perguruan tinggi, jika sudah selesai lantas di sidangkan di program studinya masing-masing dan di uji oleh dosen yang memiliki kompetensi keilmuan di bidangnya.

Tentu, untuk bisa melakukan pendaftaran sidang setiap mahasiswa harus selesai dahulu semua mata kuliah yang di sajikan dan semua keterkaitan administrasi di campusnya, baik administrasi keuangan maupun administrasi akademiknya.

Nah, untuk metode pengumpulan data sebuah penelitian dapat dilakukan teknik-teknik seperti ini :

1.  Melakukan Observasi

Teknik Observasi seperti ini digunakan dalam kerangka mendapatkan data tentang gambaran secara terperinci mengenai kondisi objektif dari lokasi penelitian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan