Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Ketahui 7 Sikap Pembentuk Karakter Anak

17 Juli 2021   23:00 Diperbarui: 25 Juli 2021   05:09 2020 27 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketahui 7 Sikap Pembentuk Karakter Anak
Gambar utama: Orang tua pendidik bagi anaknya (Sumber: www.pexels.com)

Pendidikan bagi anak menjadi tanggungjawab yang harus ditangani secara langsung oleh orang tuanya, sedangkan para pendidik anak yang ada di sekolah sebenarnya hanyalah partner bagi orang tua dalam mendidik anaknya.

Maka, sangat dibutuhkan sekali 7 sikap pembentuk karakter anak yang perlu ditanamkan oleh kedua orang tuanya semenjak kecil, karena seorang anak tidak akan pernah lepas dari kehidupan dan keseharian orang tuanya.

Apa saja 7 Sikap pembentuk karakter anak itu?

Ya, suatu perilaku yang harus diajarkan oleh orang tua kepada anaknya saat berada di lingkungan keluarga, sebagai upaya pendidikan yang dilakukan oleh keluarganya untuk membentuk karakter bagi anak sehingga nantinya diharapkan dapat terbawa sikap itu sampai anaknya menginjak usia dewasa.

Karena orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam mendidik anaknya, maka segala bentuk kebaikan yang diajarkan oleh orang tua kepada anaknya akan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi anak itu.

Gambar 1: Orang tua sedang mengajarkan anaknya (Dok. Pribadi)
Gambar 1: Orang tua sedang mengajarkan anaknya (Dok. Pribadi)

Anak merupakan amanah dari Tuhan yang maha esa, pada saat itu sedang berada di tangan kedua orang tuanya, qalbunya yang masih suci bersih merupakan permata yang sangat berharga.

Dia menerima apapun yang diujikan padanya dan menyerap apapun yang ditanamkan kepadanya. Jika dia dibiasakan dididik untuk selalu melakukan kebaikan, niscaya akan tumbuh berkembang dengan memiliki kepribadian yang sehat dan baik.

Pendidikan anak dilakukan sejak usia dini, sangatlah penting untuk keberlangsungan pertumbuhan dan perkembangannya, anak harus sudah diajari pendidikan moral, akhlak dan Budi pekertinya.

Karena pendidikan ini dapat menjadikan suatu perilaku yang menentukan pada sikap dan perbuatannya, sebab pada masa kecil akan sangat mudah untuk diarahkan dan akan membekas sampai ia tumbuh dewasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN