Mohon tunggu...
Antik Julianti
Antik Julianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Coba coba

No Bio

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Lele Frozen dari Muktiharjo Laris Diburu Pembeli Setelah Melakukan Pemasaran Melalui Media Online

7 Februari 2022   15:34 Diperbarui: 7 Februari 2022   15:43 472
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pati (07/02/2022), masa pandemi Covid-19 memiliki dampak pada sektor perekonomian masyarakat, namun disisi lain banyak bermunculan inovasi baru. Salah satunya adalah bisnis frozen food, usaha ini selalu berkembangan mengikuti zaman milenial.

UMKM sendiri adalah usaha mikro kecil menengah yang dikelola perorangan. UMKM ini adalah UMKM lele frozen  yang berupa hasil olahan ikan lele, dimana ikan lele diolah menjadi frozen food yang siap goreng. Salah satu bisnis frozed food yang baru muncul ketika pandemi ini adalah frozen food lele siap goreng yang berada di Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. 

Usaha ini dimulai pada tahun 2021 oleh Ibu Kasrini, Ibu Kasrini memanfaatkan lele dari hasil ternak sendiri. Inovasi dan kreatifitas membuat produk ini banyak menjadi incaran ibu-ibu, selain praktis, produk ini juga tidak menggunakan bahan yang membahayakan.

Ditemui dikediamannya, Ibu Kasrini menjelaskan bagaimana proses pembuatan lele frozen. Pertama, lele dibersihkan hingga bersih dan dihilangkan kotoran dalam perut lele. Setelah itu, lele diberi lumuran bumbu kuning, lalu dikemas dalam bentu vakum. Sebelumnya, usaha Ibu Kasrini ini kurang memiliki peminat, karena kurangnya ranah pemasaran peoduk.

Oleh karena itu, tercetus ide dari mahasiswa Undip untuk membantu pemasaran produk dengan membuatkan stiker kemasan agar produk terlihat lebih menarik dan tentu mudah dikenal oleh masyarakat. 

Tidak hanya itu, mahasiswa Undip ini juga membantu mempromosikan produknya melalui whatsaap, facebook, dan membuka harga khusus untuk peluang resseler. 

Pemasaran ini dibuat dengan tujuan untuk membantu mengenalkan produk ke dalam dan luar kota, selain itu juga dapat menambah pendapatan. Program pemasaran ini dilaksanakan dengan memberikan arahan dan bantuan pengertian terhadap cara guna media online, cara memasarkan dan promosi produk agar menarik pembeli.

Melalui hal ini, diharapkan UMKM dapat lebih maju dan berkembang dalam pemasaran produk yang diproduksi dan diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan dari sebelumnya

Penulis : Antik Julianti

DPL : Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun