Finansial

Robo Advisor, Terobosan Investasi Baru bagi Generasi Milenial

4 Juli 2018   16:30 Diperbarui: 4 Juli 2018   16:55 2065 1 0

Apa itu Robo Advisor

Robo Advisor merupakan platform digital yang menyediakan perencanaan keuangan secara otomatis dan digerakkan oleh algoritma dengan sedikit atau tanpa campur tangan manusia. Robo Advisor akan mengumpulkan informasi dari klien tentang situasi keuangan dan tujuan masa depan mereka melalui survey online. Data yang telah dikumpulkan ini akan dijadikan panutan untuk memberikan nasihat dan/ atau secara otomatis menginvestasikan aset para klien. 

Secara keseluruhan, kenaikan dan minat terhadap servis robo advisor merupakan hal yang baik, menurunkan pengeluaran terhadap penasehat yang mempunyai biaya tinggi namun tidak memberikan nilai apa pun dan, jika ada, menurunkan imbal balik. Hal ini merupakan hal yang positif dalam pasar yang kompetitif.

Selain itu, perusahaan robo advisors ini juga membantu para individu dengan penetapan tujuan dan alokasi aset - ketika mereka tidak tahu harus mulai dari mana. Sama seperti hampir dari semuanya, "one size does not fit all" ketika berhadapan dengan nasihat keuangan. Robo advisor mengisi ruang yang diperlukan bagi hampir seluruh investor pemula dan investor yang mempunyai portofolio keuangan yang tidak rumit.

Fees

Setiap dari perusahaan Robo Advisor mempunyai biaya layanan yang tertolerir yang dapat mempunyai 2 struktur:

  • Biaya Tetap Setiap Bulan
  • Biaya menurut ukuran portofolio

Selain itu, harus juga membayar biaya yang terkait dengan investasi yang digunakan oleh robo advisors. Contohnya reksa dana yang mempunyai rasio biaya.

Banyak dari solusi portofolio online ini menawarkan masa percobaan gratis sehingga Anda dapat melihat bagaimana cara kerja Robo Advisor tersebut. Salah satu dari robo advisor tersebut adalah Ajaib Robo, yang merupakan robo advisor pertama yang ada di Indonesia.

Apakah Anda Perlu Menggunakan Robo Advisor?

Kesesuaian dalam penggunaan Robo-Advisor bergantung pada 3 hal: kekayaan bersih, tingkat kompleksitas investasi, dan tingkat kenyamanan dalam melakukan investasi sendiri. Robo advisor akan sesuai dengan Anda apabila:

  • Usia yang masih muda --- dengan lebih dari 20 tahun sampai pensiun
  • Memiliki portofolio yang sederhana --- tidak menggunakan jasa layanan keuangan
  • Kurangnya pengalaman dalam investasi --- tidak yakin harus memulai dari mana

Robo advisor tidak memerlukan biaya yang besar untuk digunakan, dan pada umumnya membuat aset Anda semakin berkembang. Jasa layanan ini akan memberi Anda titik permulaan yang baik. Robo advisor tidak dapat dikatakan jasa pelayanan yang sesuai bagi Anda apabila Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan yang lebih baik untuk melakukan investasi sendiri. Akan tetapi sekali lagi, tujuan utama dari robo advisor adalah membantu mereka yang tidak memiliki biaya yang cukup untuk menggunakan jasa keuangan profesional, tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempelajari lebih lanjut mengenai produk investasi, dan bagi mereka yang tidak yakin harus memulai investasi dari mana.

Manfaat menggunakan Robo Advisor

Alternatif biaya rendah untuk penasihat tradisional

Dengan mengurangi tenaga kerja manusia, platform online dapat menawarkan layanan yang sama dengan biaya yang lebih kecil. Sebagian besar robo-advisor mengenakan biaya tetap tahunan sebesar 0.2% hingga 0.5% dari saldo akun klien. Bandingkan dengan tarif tipikal 1% hingga 2% yang dibebankan oleh perencana keuangan manusia dan berpotensi lebih untuk akun berbasis komisi.

Mengurangi stress

Setelah membuka akun, perangkat lunak robo advisor mengotomatiskan seluruh proses. Hal ini dapat mengurangi kekhawatiran Anda dalam hal:

  • Membuat perubahan pada portofolio Anda atau bertanya-tanya apakah Anda harus berinvestasi lebih banyak dalam teknologi atau lebih sedikit di bidang keuangan.
  • Masuk ke dalam platform perdagangan dan melakukan perdagangan.
  • Pialang atau penjual keuangan lainnya membuat rekomendasi yang tidak sesuai dengan minat Anda.
  • Akses yang lebih mudah.

Mereka tersedia 24/7 selama pengguna memiliki koneksi internet. Selain itu, dibutuhkan modal yang jauh lebih sedikit untuk memulai, karena aset minimum yang diperlukan untuk mendaftar akun biasanya dalam ratusan hingga ribuan sedangkan perencana nasihat keuangan yang dilakukan oleh manusia membutuhkan minimal @100,000 (individu dengan kekayaan bersih yang tinggi -high net worth individu)

Efisiensi adalah keuntungan lain yang signifikan dari platform online ini

Robo advisor dapat dilakukan dengan hanya beberapa klik saja yang dapat dilakukan di mana saja untuk mendapatkan hasil yang diperlukan untuk menentukan proporsi dari portofolio Anda, dibandingkan dengan menggunakan jasa penasehat keuangan yang harus menelepon atau bertemu langsung dengan penasehat keuangan, menjelaskan kondisi dan kebutuhan Anda, mengisi dokumen dan menunggu.

Kerugian Menggunakan Robo Advisor

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Investopedia dan Financial Planning Association, mereka menemukan bahwa masyarakat lebih memilih kombinasi antara manusia dan teknologi, terutama ketika dana yang dikelola sudah besar dan dalam kondisi pasar keuangan yang kurang bersahabat. Menurut hasil penelitian tersebut, 40% dari mereka takut untuk menggunakan jasa layanan robo advisor yang sepenuhnya terautomasi selama volatilitas pasar yang ekstrim.

Robo advisor beroperasi dengan mengasumsikan bahwa pengguna telah memiliki tujuan dan pemahaman yang jelas tentang situasi keuangan mereka ketika memulai menggunakan jasa ini. Untuk beberapa jasa robo advisor pertanyaan yang diajukan kepada pengguna sebelum memulai terkadang membutuhkan pengetahuan dasar mengenai konsep investasi dan implikasi terhadap pilihan dari jawaban yang mereka pilih.