Mohon tunggu...
Annis NovitaSari
Annis NovitaSari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Yogyakarta, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

28 September 2020   06:39 Diperbarui: 28 September 2020   06:40 21 1 0 Mohon Tunggu...

Perlu kita ketahui, kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup di alam semesta ini. Terlebih lagi di tahun 2020 ini, dunia sedang diuji dengan cobaan adanya virus covid-19. Apa itu Covid-19? COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan.  

Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. COVID-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia (https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public). Dengan adanya pandemi seluruh manusia diharapkan selalu waspada dan diharuskan menjaga kesehatan serta kebersihan. 

Tips menjaga kesehatan di masa pandemi antara lain:

1. Selalu rajin mencuci tangan. Mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun serta pada air mengalir. Mencuci tangan dengan sabun dapat membersihkan virus yang menempel pada tangan kita setelah menyentuh benda apa pun.

2. Selalu menggunakan masker yang berstandar SNI. Penggunaan masker sangat penting bagi kesehatan yaitu untuk mencegah penularan virus Covid-19 melalui udara. Masker yang digunakan haruslah sesuai dengan anjuran. Apaila masker kain harus yang sesuai dengan SNI dan jangan lupa batas pemakaian tidak boleh lebih dari 4 jam setelah itu langsung dicuci.

3. Selalu jaga jarak dimanapun kita berada. Menjaga jarak dan tidak berkerumun merupakan protokol kesehatan di masa Covid-19. Jangan bersentuhan dengan yang lain, serta hindari memegang benda pada fasilitas umum, seperti gagang pintu, pegangan di eskalator, tombol pada lift, dan lain sebagainya. 

4. Jangan lupa untuk selalu makan makanan yang bergizi, berolah raga supaya badan kita sehat, serta istirahat yang cukup. Apabila tidak ada kepentingan sebaiknya di rumah saja. 

5. Dan yang terpenting adalah tetap selalu beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan meminta selalu perlindungan agar kita tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19.

Beberapa hal tadi merupakan tips untuk menjaga kesehatan di masa pandemi ini supaya kita semua selalu terhindar dari virus Covid-19. Semoga tips yang sudah ditulis bermanfaat bagi kita semua. Jangan pernah bosan untuk tetap hidup sehat dan tetap mematuhi protokol kesehatan dimanapun kita berada agar terhindar dari virus Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x