Mohon tunggu...
Annisa Nurul Koesmarini
Annisa Nurul Koesmarini Mohon Tunggu... Do Good, Feel Good

Saya Senang Membaca-Menulis-Menonton-Berbisnis Jika membaca diibarat menemukan harta karun. Maka menulis seperti menjaga harta karun itu tetap abadi. Menulislah dan biarkan tulisanmu mengikuti takdirnya - Buya Hamka

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Financial Hacks For Millenials

1 September 2020   00:12 Diperbarui: 1 September 2020   00:06 54 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Financial Hacks For Millenials
Financial Hacks, Bagaimana Hubunganmu dengan Uang (sumber foto: jurnal.id)

Bagaimana Hubunganmu dengan Uang?

Mengikuti webinar yang diadakan Ublik 11 Juli 2020 silam bersama pemateri Kak Adhi Nugroho (yang biasa disapa Nodi dan ternyata juga aktif sebagai Kompasianer juga dengan nama Nodi Harahap) cukup membuat Saya surprised.

Mengapa? Sebab materi yang dibawakannya benar-benar mudah dipahami dan cara membawakan presentasinya juga lugas dan detil, sehingga webinar malam yang biasanya bikin ngantuk, hari itu cukup membuat saya berpikir dan merasa tercerahkan.

Sadarkah kita bahwa dalam hidup, aspek keuangan dan produk keuangan, tidak dapat lepas dari setiap pilihan dan konsekuensi hidup kita. Seperti misalkan ketika teman-teman ingin berkomunikasi dengan keluarga atau kekasih hati, tentu memerlukan pulsa atau kuota, dan itu bisa dibeli melalui e-banking yang terhubung dengan rekening bank atau aplikasi yang memudahkan pembayaran dan terhubung dengan rekening bank.

Kemudian ketika teman-teman membayar asuransi kesehatan atau BPJS Kesehatan, bisa juga membayar cicilan mobil dan motor ke pihak leasing, membayar cicilan properti kepada pihak Bank terkait, disetting untuk didebet dari rekening bank setiap tanggal 10 setiap bulannya (misalkan). Lalu, teman-teman menabung dalam bentuk tabungan ataupun deposito

Setiap harinya kita seringkali berinteraksi dengan produk keuangan? Betul tidak? Namun, banyak dari kita yang belum paham tentang cara mengelola keuangan dan cara mengelola produk keuangan yang mereka beli. Cara tiap orang menyikapi uang itu berbeda-beda, teman-teman Kompasianers bisa ambil yang berguna dan buang yang sia-sia.

Analogi: Uang dengan Darah

Jika boleh dianalogikan uang sebagaimana darah. Maka, darah yang mengalir lancar ke seluruh tubuh membawa sari-sari makanan dan oksigen akan membuat sistem peredaran darah menjadi lancar dan tubuh pun menjadi sehat. Nah, sama dengan darah, aliran uang yang mengalir lancar ke seluruh sendi-sendi elemen masyarakat atau stakeholder, maka akan membuat dan menjaga kesehatan stabilitas sistem keuangan suatu perusahaan ataupun bangsa dan negara.

Begitu pula sebaliknya, jika aliran darah dalam tubuh mampet, maka tubuh rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan sistem pembuluh darah dan jantung, sama seperti halnya dengan uang, jika mampet (bisa disebabkan karena gagal bayar, dan lain-lain), maka bisa berbahaya bagi kestabilan sistem keuangan suatu perusahaan ataupun bangsa dan negara.

Oleh sebab itu, baik bagi Saya dan teman-teman seumuran Saya para millenials (mereka yang lahir diantara tahun 1981-2000) yang kini jumlahnya banyak di struktur demografi negara Indonesia untuk bisa belajar bagaimana cara mengelola keuangan.

Cara Mengelola Keuangan Bagi Millenials

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN