Mohon tunggu...
annisa nur afifah
annisa nur afifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Orang biasa, yang berusaha ada dimana saja

contact me : IG : @annisa.naff e-mail : annisanurafifah36@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Review Novel Sapardi Djoko Damono "Pinkan Melipat Jarak"

5 September 2022   11:00 Diperbarui: 5 September 2022   11:16 70 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Penulis  : Sapardi Djoko Damono

Adalah novel kedua dari trilogi hujan bulan Juni milik Pak Sapardi.

Novel ini mengangkat cerita bagaimana kalut dan menderitanya seorang Pingkan, akibat kehilangan sosok Sarwono, kekasih hatinya yang entah kenapa mengalami sakit yang tidak jelas asal usulnya, bahkan dokter pun mengatakan tak ada yang salah dengan Sarwono.

Pingkan bahkan meninggalkan semua kegiatan dan tugasnya di Jakarta hanya demi "mencari" Sarwono dalam kisah fantasi dan dongeng antara dua sejoli ini, yang dibuat sangat medok oleh pak Sapardi. 

Hingga aku pun kesulitan memahami beberapa bagian, yang bahkan sampai selesai novel ini belum juga bisa aku mengerti, tepatnya kisah seperti apa yang terjadi antara keduanya.

Pingkan digambarkan begitu kacau hingga terlihat seperti orang yang depresi oleh kakak dan ibu nya, serta katsuo. 

Katsuo adalah orang ketiga dalam hubungan pingkan dan Sarwono. Namun anehnya sangat menghormati hungan pingkan & sarwono.

Menurut katsuo, sarwono tidak  sadar karena telah ditinggal pergi oleh "mabui/ruh" nya.  Begitupun pingkan yang menurutnya mengalami keadaan yang tak jauh beda dengaan sarwono, walau masih dalam keadaan sadar.

Katsuo yg memiliki rasa sayang mendalam kepada pingkan, tidak ingin kehilangan sosok wanita nya, ia pun berusaha keras meminta bantuan ibu nya yang ada di Jepang (digambarkan memiliki keahlian seperti dukun/cenayang) untuk membantu mengembalikan "mabui" sarwono.

Karena katsuo tau, bahwa jika sarwono sembuh, pingkan juga akan waras, dan itu lah satu-satunya cara. Karena jika pingkan waras, dia pun baru akan merasa tenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan