Mohon tunggu...
Annisa Kurnia
Annisa Kurnia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Saya sangat menyukai membaca buku-buku fiksi remaja sebagai hobi, karena dengan membaca buku-buku fiksi saya bisa merefresh otak saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cara Seru Kenalkan Pelajaran Sejarah pada Anak-anak ala Mahasiswa KKN Undip

8 Agustus 2022   20:54 Diperbarui: 8 Agustus 2022   21:12 72 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Pembelajaran Sejarah Proklamasi Kemerdekaan. (Dok. Pribadi)

Semarang (26/7). Mahasiswa KKN Undip mengajak siswa SDN Jabungan untuk mengingat kembali peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dan mengenal tokoh-tokoh penting dibalik kesuksesan Proklamasi Kemerdekaan melalui pembelajaran sejarah yang seru.

Sejarah sering kali dianggap sebagai pelajaran yang membosankan karena hanya berisi tulisan-tulisan panjang, angka-angka penunjuk tahun, tokoh-tokoh Pahlawan, dan identik dengan hafalan. 

Namun lebih dari itu, pembelajaran sejarah merupakan pelajaran penting karena dengan belajar sejarah kita dapat mengetahui dan memahami apa yang telah dilalui nenek moyang kita untuk menciptakan kehidupan yang kita jalani sekarang dan menjadi pegangan di masa depan. Sehingga diperlukan adanya metode pembelajaran sejarah, terutama pada pembelajaran anak-anak.

Sehubungan dengan ini, mahasiswa jurusan Ilmu Sejarah Universitas Diponegoro yang bernama Annisa Kurnia Putri mengajak anak-anak SD di tempatnya KKN, tepatnya di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang untuk belajar sejarah sebagai upaya untuk meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air. 

Pembelajaran sejarah yang dilakukan Annisa mengusung tema Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Pembelajaran sejarah ini sangat penting untuk anak-anak, namun mengingat kurangnya minat anak dalam mempelajari searah meenjadikan permasalahan tersebut sebagai salah satu program kerja monodisiplin KKN Tim II Undip Periode 2022 yang merupakan perwujudan Sustainable Development Goals atau SDG's point 4 (Quality Education).

Materi Proklamasi Kemerdekaan dipilih sebagai salah satu cara untuk meningkatkan rasa cinta terhadap Indonesia melalui peristiwa Proklamasi yang mana Proklamasi Kemerdekaan ini merupakan tonggak awal terbebasnya Indonesia dari belenggu penjajahan bangsa asing. 

Selain itu dengan mengusung tema Proklamasi Kemerdekaan dapat membantu anak-anak untuk memaknai pentingnya Prokomasi Kemerdekaan yang selalu diperingati pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dalam proses pembelajaran ini, sub materi yang disampaikan Annisa berupa peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan hingga pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, dan tokoh-tokoh penting yang turut berperan dalam kesuksesan Proklamasi Kemerdekaan. 

Annisa mengajak siswa kelas 5 SDN Jabungan untuk menonton video animasi pembelajaran sejarah mengenai peristiwa Proklamasi Kemerdekaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan