Mohon tunggu...
Politik Pilihan

Hoaks Isu Kebangkitan PKI Semakin Menggelikan dan Meresahkan Masyarakat

22 Februari 2018   08:32 Diperbarui: 22 Februari 2018   08:57 0 5 4 Mohon Tunggu...
Hoaks Isu Kebangkitan PKI Semakin Menggelikan dan Meresahkan Masyarakat
ilustrasi ll dokpri

Mendekati penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, penyebaran fitnah politik dan informasi hoax semakin menggila di dunia maya. Salah satu yang sedang ramai diangkat adalah isu mengenai kebangkitan PKI. Isu tersebut tak lain dan tak bukan dimanfaatkan untuk menyudutkan lawan-lawan politik.

Banyak konten di media sosial yang menyatakan bahwa PKI saat ini sedang bangkit kembali di bumi Indonesia. Kebangkitan organisasi terlarang itu banyak dikaitkan dengan PDIP dan Presiden Jokowi.

Para pembuat berita bohong itu menyebutkan bahwa sejumlah politisi PDIP seperti Ribka Tjiptaning dan Rieke Diah Pitaloka sebagai anggota PKI. Dikatakan bahwa kebangkitan 20 juta anggota PKI dimulai dari partai tersebut.

Mereka juga menyebut bahwa pengamat perkotaan, Tigor Nainggolan, sebagai eksponen PKI. Hal itu karena dirinya disebut sangat sering mengkritik kebijakan Anies-Sandi.

Tak hanya itu, produsen informasi hoax juga diketahui sedang "menggoreng" isu bahwa PKI saat ini sedang menyiapkan pasukan bersenjata. Penyebaran isu tersebut didasarkan pada foto dan video latihan militer yang diduga mirip dengan warga dan lokasi di Indonesia.

Bahkan, lucunya para pembuat kabar bohong tersebut juga menuduh bahwa Partai Garuda yang baru saja dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu itu sebagai sayap organisasi dari PKI.

Melihat berbagai informasi di atas, dapat dipastikan bahwa rentetan isu tersebut merupakan informasi bohong (hoax) yang sengaja disebarkan untuk memprovokasi masyarakat. Dilihat dari kontennya itu bisa dikatakan sebagai fitnah politik yang keji.  

Para pembuat informasi hoax itu sekarang benar-benar menjadi musuh demokrasi. Karena atas ulahnya, persaingan politik kini menjadi tidak sehat kembali. Pasalnya, selalu menggunakan informasi sesat untuk menjatuhkan lawan-lawan politiknya.

Untuk meluruskan berbagai fitnah di atas, kita harus kembali pada fakta yang sebenarnya.

Terkait dengan politisi PDIP yang dituduh sebagai anggota PKI jelas sangat mengada-ada. Tidak ada bukti dan keterangan terkait yang menjelaskan itu. Hal tersebut sangat jelas merupakan kampanye hitam yang digunakan untuk mematikan karakter lawan.

Ribka memang diketahui anak seorang anggota PKI. Namun tidak lantas secra otomatis dirinya dapat disebut sebagai anggota PKI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2