Mohon tunggu...
Annisaa Caca
Annisaa Caca Mohon Tunggu... pelajar yang menggunakan masa mudanya sebaik mungkin.

Hai teman-teman semuanya! perkenalkan nama saya Annisaa Husnul Khotimah, panggilan akrab saya Caca, saya adalah salah satu siswi jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 50 Jakarta. Tujuan saya membuat artikel ini adalah untuk berbagi informasi, share pengalaman, sekaligus menjadi penulis yang bermanfaat. Salam Kenal Semuanya...

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Resep Donat Lembut (Tanpa Kentang) Simpel!

22 Mei 2020   14:47 Diperbarui: 23 Mei 2020   06:43 50 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resep Donat Lembut (Tanpa Kentang) Simpel!
Dokpri.

Hai teman-teman semuanya! Gimana nih kegiatan kalian selama PSBB? Semoga selalu dilakukan dengan kegiatan yang positif yaaa. Jangan pernah bosen untuk tetap berada dirumah karena itu adalah cara kita agar pandemi covid19 cepat berlalu. Kalau kalian merasa bosen ,disini aku mau share resep donat yang biasa aku bikin nih..

Donat memang bukan makanan yang sulit untuk dibuat, bahkan hampir  semua orang bisa membuatnya. Namun sayangnya membuat donat empuk dan rasanya enak tidak semua orang bisa membuatnya. Nah kali ini aku bagi-bagi resep membuat donat simpel tanpa kentang. Yuk simak resepnya..

Bahan yang perlu disiapkan :
- 250 gr terigu protein tinggi (aku biasanya menggunakan merk cakra)
- 1 sdt munjung ragi instan (permifam)
- 125 ml air (suhu ruang ya temen-temen)
- 50 gr gula pasir
- 1 kuning telur
- 40 gr margarine

Note :
~ Pastikan ragi instan masih baru ya teman-teman
~ Tepung terigu nya bisa kalian ganti dengan protein sedang kok
~ Pada saat proofing kedua usahakan jangan over proofing agar donatnya tidak kempes saat sudah digoreng

Cara membuat :
1. Pertama-tama siapkan wadahnya, kemudian masukkan tepung terigu, gula pasir, kuning telur ,dan ragi instan (aku biasanya make permifam) sesuai dengan takaran diatas ya gais..
2. kemudian aduk hingga tercampur rata, tambahkan airnya sedikit demi sedikit sambil kalian aduk rata, (lebih afdol kalo kalian aduk pakai tangan sendiri ya teman-teman, tapi pastikan dulu kalau tangan kalian sudah bersih)
3. Setelah adonan sudah tercampur rata, masukkan margarin sesuai takaran diatas , dan aduk lagi sampai benar-benar kalis (untuk mengetahui adonan sudah kalis atau belum, adonan itu tidak lengket ditangan, sangat lembut, dan tidak mudah sobek ya teman-teman)

adonan yang sudah kalis.
adonan yang sudah kalis.

*sebenarnya yang membuat rahasia donat empuk itu adalah tangan kalian sendiri dalam mengaduk adonan ya teman-teman, semakin kalis adonan semakin empuk donatnya*

4. Kemudian bulatkan adonan, selanjutnya diamkan adonan sekitar 30 menit. (jangan lupa wadah yang berisi adonan ditutupi oleh serbet bersih ya temen-temen, agar tidak terkena angin atau kempes saat dibentuk)

5. Ketika adonan sudah mengembang selama 30 menit tadi ,kempeskan adonan dengan mengaduk adonan dengan rata lagi

6. Ketika sudah diaduk, bentuk donat seperti bulat, kemudian untuk selera kalian bisa masukan isi donat sesuka kalian (kalau aku biasanya pakai cokelat)
tapi usahakan isi donat tidak belepotan ya teman-teman. Kalian juga bisa menggunakan bentuk cincin seperti donat pada umumnya kok.

7. Setelah semua adonan sudah dibentuk ,tutup lagi  dengan serbet dan diamkan agar donat yang dibentuk mengembang dengan bagus (biasanya aku sekitar 10-15 menit)

8. Setelah itu goreng donat dengan api kecil dan minyak yang tidak terlalu panas,ini bertujuan agar donat tidak gosong dan isi donat tidak bocor ya teman-teman, ohya selama penggorengan donat jangan terlalu sering membolak-balikan donat ya gais ,karena bakal meresap banyak minyak, jadi cukup sekali balik aja

donat diangkat dan ditiriskan apabila sudah menguning seperti gambar diatas.
donat diangkat dan ditiriskan apabila sudah menguning seperti gambar diatas.
9. Apabila donat sudah menguning, angkat dan tiriskan donat ,kemudian kalian bisa menambahkan gula putih halus untuk donat yang berbentuk cincin.

dokpri
dokpri
10. Hidangkan donat, dan donat siap untuk dimakan ...

Nah sekian resep donat simpel yang tentunya lembut dan enak dari aku ,semoga resep ini bermanfaat untuk mengisi kegiatan kalian dirumah yaa gais, hasil donat yang kalian buat juga bisa untuk usaha lho temen-temen.. jadi selain dapat mengisi waktu luang ,kalian juga bisa memiliki pemasukan tambahan dari kegiatan ini deh..

kurang lebihnya mohon maaf ,sampai jumpa di resep aku selanjutnya ya gais!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x