Mohon tunggu...
TAMILUDDIN
TAMILUDDIN Mohon Tunggu... Lainnya - .

.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Berita SDA: Gubernur Jambi Serahkan Kartu Tani Secara Simbolis

23 Januari 2022   18:51 Diperbarui: 23 Januari 2022   22:52 120 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sabtu (22/1/22), Gubernur  Jambi kembali menyerahkan secara simbolis "KARTU TANI" kepada perwakilan kelompok tani yang ada di Kabupaten Bungo dan Tebo, disela sela kunjungan kerjanya didua Kabupaten tersebut.

Kunjungan kerja Bapak Gubernur Jambi  dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat untuk mendukung Pengentasan Kemiskinan dan Stunting serta Penyerahan Kartu Tani yang diisi dengan memberikan bantuan kepada korban banjir yang terjadi di Kabupaten Bungo akhir tahun 2021. Dalam sambutannya Gubernur Jambi mengatakan bahwa "Selain memberikan bantuan kepada korban banjir, pihak Provinsi Jambi juga memberikan bantuan pengentasan stunting dan menyerahkan Kartu Tani kepada masyarakat Kabupaten Bungo".

Penyerahan Kartu Tani ini dilaksanakan di Wisma Alisudin Rumah Dinas Bupati Bungo dihadiri oleh Bupati Bungo H. Mashuri, S.P., M.E., Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Bungo Tebo Rudi Wijaya, Dandim 0416/Bute, Polres Bungo, Kejari Bungo, Unsur Forkopimda Kabupaten Bungo, Kepala OPD Provinsi Jambi, Kepala OPD di lingkup Kabupaten Bungo, para camat, serta para penerima bantuan korban banjir dan penerima program pengentasan stunting dan penyerahan Kartu Tani.

Dokpri
Dokpri

Sementara penyerahan Kartu Tani di Kabupaten Tebo dilaksanakan di Pendopo Aula Rumah Dinas Bupati yang dihadiri oleh Bupati Tebo H. Sukandar, Wakil Bupati Syahlan serta unsur Forkompinda Tebo, Sekda, Staf Ahli, Asisten dan para OPD Lingkup Kabupaten Tebo dan Provinsi Jambi.

Penyerahan Kartu Tani di Kabupaten Bungo dan Tebo ini diinisiasi kembali Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi bekerjasama dengan Dinas TPHP Provinsi Jambi, Bank Mandiri dan Dinas Pertanian Kabupaten Bungo dan Tebo. Yang dikoordinir oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jambi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi Johansyah, S.E., M.E., mengatakan bahwa " Penyerahan Kartu Tani ini akan kita terus gulirkan untuk Kabupaten/Kota yang lain disela-sela kunjungan kerja Bapak Gubernur" tambah Johansyah  "Realisasi pendistribusian Kartu Tani kepada Kelompok Tani yang tergabung dalam penerima pupuk bersubsidi sampai dengan saat ini,  untuk Kabupaten Bungo Kartu Tani yang sudah tercetak sebanyak 16.206 Kartu dan sudah didistribusikan sebanyak 5.777 atau sekitar (35,2%), dan untuk Kabupaten Tebo Kartu Tani yang sudah tercetak sebanyak 11.818 Kartu dan sudah didistribusikan baru 5.077 atau (43,0%)".

Lebih lanjut Karo Perekonomian menjelaskan "Bahwa kendala penyaluran Kartu Tani karena kurangnya antusias masyarakat petani untuk menggunakan kartu tani dalam penebusan pupuk bersubsidi sehingga banyak petani tidak hadir sewaktu pendistribusian Kartu Tani" Johansyah menghimbau kepada Dinas Pertanian Kabupaten/Kota untuk bekerjasama dalam pendistribusian  Kartu Tani dengan pihak Bank Mandiri.

ed27b81e-8261-486e-9b61-ad67603e3e7c-61ed79c24b660d6392253ad2.jpeg
ed27b81e-8261-486e-9b61-ad67603e3e7c-61ed79c24b660d6392253ad2.jpeg
Penggunaan Kartu Tani memiliki peran yang sangat penting untuk petani, khususnya untuk mendistribusikan pupuk bersubsidi kepada para petani yang membutuhkannya. Pupuk tersebut didistribusikan dengan cara by name by address yang sesuai dengan rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (tami.SDA)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan