Mohon tunggu...
Ansara
Ansara Mohon Tunggu...

Suka Musik, Sejarah dan Fotografi FB Annie Sabri, Twitter @4nsar4

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Antara Shuffle dan Gangnam Style

15 September 2012   13:50 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:25 1486 10 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antara Shuffle dan Gangnam Style
13477151751348694715

[caption id="attachment_212559" align="aligncenter" width="538" caption="LMFAO (shuffle) foto radirt.com, PSY (Gangnam Style) foto examinert.com"][/caption]

Belum reda demam tarian shuffle melanda dunia kini tarian Gangnam mulai digemari dibeberapa negara. Berkat lagu Gangnam Style, Park Jae Sang alias PSY berhasil mengalahkan penyanyi dan Boysband Korea lainnya yang secara fisik lebih keren, tampan dan berbadan atletis tapi video klip mereka di youtube paling banyak dilihat puluhan juta orang. Jauh berbeda dengan PSY walau berbadan tambun dengan wajah khas Korea tanpa operasi plastik tapi gayanya yang kocak dan penuh percaya diri malah menjadi daya tarik tersendiri sehingga popularitasnya kini meroket melampaui bintang K-Pop lainnya dan jumlah penonton videoklipnya di Youtube sudah mencapai lebih dari 176 juta orang. Suatu prestasi yang luar biasa karena video itu baru diunggah ke youtube dua bulan lalu itu berarti setiap hari rata-rata video itu diakses 2,9 juta kali. PSY berhasil mengGanamkan dunia, hingga produser Justin Bieber tertarik untuk mengontraknya dan Britney Spears juga ketularan demam Gangnam Style.

Video Gangnam Style dari PSY

Kisah sukses PSY ini mirip LMFAO duo grup asal Amerika terdiri dari Stefan Kendal Gordy alias Redfoo dan Skyler Austen Gordy alias SkyBlu. Walau Duo ini dibentuk sejak tahun 2006 tapi namanya tak begitu dikenal baru ketika lagunya Party Rock Anthem diunggah ke Youtube secara tak terduga lagu itu mampu memikat hati banyak orang ditambah tarian shuffle yang unik dan dinamis dalam videoklipnya menjadikan LMFAO langsung terkenal. Walaupun shuffle bukan jenis tarian baru tapi tari itu tidak begitu terkenal, berkat LMFAO demam shuffle mewabah keseluruh  dunia.

Sama seperti PSY, penampilan LMFAO juga kocak, asal dan jauh dari kesan keren dan tampan.  Namun LMFAO dan PSY berhasil membuktikan pada masyarakat bahwa tak perlu keren, tampan dan atletis untuk bisa jadi terkenal didunia dan merajai Youtube. Hingga saat ini video LMFAO sudah dilihat sekitar 481 Juta kali (videonya diunggah setahun yang lalu) bersaing ketat dengan Bad Romance Lady Gaga  (485 Juta), Waka-waka Shakira (491 Juta) dan Love The Way You Lie Eminem dan Rihanna (494 Juta) bukan mustahil LMFAO bisa menyalip mereka untuk bisa masuk 3 besar bersanding dengan Justin Bieber dan Jennifer Lopez mengingat shuffle masih sangat disukai didunia terutama dikalangan remaja.

Video Party Rock Anthem dari LMFAO ▼

Dari segi tehnik, shuffle lebih sulit dari Gangnam perlu latihan cukup lama untuk bisa menguasai tarian shuffle karena kaki harus bergerak sangat cepat sesuai irama dan pola. Jika shuffle minitik beratkan pada gerakan kaki, Gangnam meniru gerakan orang berkuda jadi tangan dan kaki juga bergerak dinamis. Tapi Gangnam Style lebih mudah ditiru bahkan orangtuapun bisa menarikannya, video nenek umur 65 tahun menari gangnam juga jadi ikut populer di Youtube.

Dari segi irama, sebenarnya lagu Gangnam Style ini mirip dengan lagu Party Rock Anthem dari LMFAO bahkan PSY dituduh meniru lagu LMFAO itu, tapi tuduhan itu tak berpengaruh, selama lagu itu disukai nampaknya masyarakat tak peduli mirip atau tidak yang penting lagu itu enak didengar dan pas dengan selera. Kedua lagu ini sangat disukai karena bisa membuat pendengarnya gembira terutama lagu LMFAO seolah sudah menjadi lagu wajib di club dan tempat fitness. Buat anda yang sedang galau coba deh dengarkan kedua lagu ini, dijamin semangat timbul dan galaupun hilang (minimal kepala bisa goyang-goyang)...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x