Mohon tunggu...
Anna Tri lestari
Anna Tri lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Media Pembelajaran IPA "Dunia Satwa" dan SUMGI "Sumber Energi"

20 Mei 2021   08:26 Diperbarui: 20 Mei 2021   08:39 1583
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media Pembelajaran IPA "DUNIA SATWA" dan SUMGI "Sumber Energi"

Oleh : Ana Tri Lestari
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

dokpri
dokpri
Kemajuan suatu negara ditentukan dari berbagai aspek tidak terkecuali perkembangan Pendidikan dari negara tersebut. Semakin Pendidikan dapat berkembang semakin maju pula teknologi, budaya, dan kesehatan yang ada di negara tersebut. Banyak negara yang berusaha untuk memajukan negaranya supaya dapat bersaing dengan negara lainnya. Tidak terkecuali negara kita Indonesia, negara kita berupaya dalam memajukan mutu Pendidikan dengan berbagai cara yang sudah dilakukan. Dalam memajukan dan meningkatkan mutu Pendidikan, peran guru sangatlah penting untuk negara ini. 

Dalam pembelajaran IPA di SD tidak dapat dipisahkan dari media pembelajaran, karena banyak materi pembelajaran IPA yang sulit untuk dijelaskan dengan buku saja. Dibutuhkan media pembelajaran yang tepat karena media sangat bermanfaat baik bagi guru dan siswa khususnya dalam membantu memperlancar peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang sedang disampaikan. Media merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan keberhasilan belajar. Media pembelajaran bermanfaat untuk melengkapi dan meningkatkan pemahaman bagi siswa yang diajarkan pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung. 

Selain itu media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat siswa dalam mendalami materi yang disampaikan oleh guru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Secara tidak langsung siswa dapat termotivasi untuk mengikuti belajar mengajar dengan keinginan sendiri, melatih kemandirian, dan mencoba langsung media pembelajran yang sudah dibuat oleh guru yang sesuai materi yang diajarkan. 

Dengan penggunaan media pembelajaran secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir, bernalar, psikologis, sikap, dan mental. Penggunaan media pembelajaran tidak hanya bermanfaat bagi siswa saja, melaikan juga bermanfaat bagi guru juga. Salah satunya yaitu guru akan lebih mudah menyampaikan materi pelajaran yang sulit dimengerti oleh siswa, dengan begitu guru dapat mempersingkat waktu untuk pembelajarannya. Dengan begitu guru tidak lagi melakukan tambahan jam pelajaran untuk membuat siswa paham tentang materi yang susah pada saat guru menerangkan. 

Tanpa menggunakan media pembelajaran akan terasa membosankan pada saat pembelajaran berlangsung. Minat siswa dalam mempelajari materi pelajaran juga sedikit. Pembelajaran akan terasa monotone karena siswa hanya mendengarkan guru menerangkan materi pembelajaran. Oleh karena itu, membuat siswa menjadi tidak aktif dalam mengikuti pelajaran dan kemampuan siswa dalam menangkap materi tidak diketahui oleh guru, apakah siswa sudah paham atau belum mengenai materi yang disampaikan guru dengan metode ceramah.

Media pembelajaran kali ini saya memilih dunia satwa yang membedakan hewan pemakan daging (karnivora), hewan pemakan tumbuhan (herbivora), dan hewan pemakan segala (omnivora). Selain itu saya juga membuat media pembelajaran berupa sumber energi, berupa sumber energi bunyi, energi panas, dan energi cahaya. 

Dari media pembelajaran yang saya buat anak-anak yang diajarkan dapat dengan mudah membedakan hewan karnivora, herbivora, dan omnivora. Hal tersebut karena dalam media pembelajaran terdapat media yang terbuat dari gambar-gambar kecil sehingga anak-anak dapat dengan mudah membedakan hewan mana yang tergolong hewan pemakan tumbuhan, daging, dan pemakan segala. 

Cara memperagakan media pembelajaran "DUNIA SATWA" dengan cara memilih beberapa hewan pemakan tumbuahan atau daging atau segala, kemudia menancapkan pada kotak seperti surat di bawah bahan makanan hewan tersebut.

Untuk media pembelajaran yang kedua memperagakannya dengan cara membuat papan kecil yang bertuliskan sumber energi panas, sumber energi bunyi, dan sumber energi cahaya. Selain itu juga menyediakan gambar kecil yang terbuat dari kertas karton yang bergambarkan alat yang menghasilkan sumber energi tersebut. Cara memperagakannya dengan cara seorang pendidik mengambil salah satu papan sumber energi lalu menanyakannya kepada anak-anak, dan anak-anak mengambil salah satu atau beberapa gambar yang termasuk sumber energi tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun