Mohon tunggu...
Siska Dewi
Siska Dewi Mohon Tunggu... Count your blessings and be grateful

Previously freelance writer https://ajournalofblessings.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Kenali 10 Cara Efektif Penjenamaan Diri (Personal Branding) di Dunia Kerja

12 Juni 2021   21:00 Diperbarui: 18 Juni 2021   14:03 707 93 30 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali 10 Cara Efektif Penjenamaan Diri (Personal Branding) di Dunia Kerja
Ilustrasi membangun personal branding. Sumber: freepik.com

Penjenamaan diri (personal branding) adalah bagaimana Anda menampilkan diri kepada dunia. Ada banyak cara membangun penjenamaan diri. Mari kita menyigi sepuluh cara efektif membangun penjenamaan diri yang diperkenalkan oleh Forbes.com.

Pertama, tetapkan fokus

“Anda tidak dapat menjadi segalanya untuk semua orang.” Terdengar akrab di telinga?

Penjenamaan diri adalah kombinasi unik dari keahlian dan pengalaman yang membuat Anda menjadi diri Anda sekarang. Penjenamaan diri yang efektif akan memungkinkan Anda membangun kepercayaan di hati calon klien dan pemberi kerja.

Tuhan memberikan talenta yang berbeda-beda kepada masing-masing orang. Kenali keahlian khusus Anda dan fokus pada pengembangannya.

Adam Smiley Poswolsky, pengarang buku “The Breakthrough Speaker” menasihati para pendengarnya untuk menciptakan ceruk bagi diri mereka. Jika memungkinkan, ciptakan ceruk di dalam ceruk itu.

Menurut Poswolsky, penjenamaan diri yang terbaik hendaknya sangat spesifik. Semakin spesifik Anda, semakin mudah orang mengingatnya.

Ilustrasi personal branding (Sumber: Kompas.com)
Ilustrasi personal branding (Sumber: Kompas.com)

Saya teringat Fredy, atasan yang banyak membimbing saya di awal perjalanan karier saya 35 tahun yang lalu. Di Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi, kami belajar antara lain tentang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, perpajakan, pemeriksaan akuntansi, sistem informasi akuntansi, dan sistem akuntansi manajemen.

Di tim Konsultasi Manajemen, kami memfokuskan diri pada sistem informasi akuntansi dan sistem informasi manajemen. Fredy membimbing saya mempelajari bidang konsentrasi kami secara mendalam.

Begitu telaten Fredy membedah setiap permasalahan yang dihadapi klien, mencari akar masalah, menemukan solusi. Tidak heran jika banyak klien yang berkata, “Sekusut apa pun permasalahan yang kita hadapi, ingat Fredy. Dia akan membantu kita menemukan solusi.”

Kedua, jadilah asli dan autentik

Ilustrasi asli dan autentik (foto oleh waewkidja/freepik)
Ilustrasi asli dan autentik (foto oleh waewkidja/freepik)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x