Mohon tunggu...
Veeramalla Anjaiah
Veeramalla Anjaiah Mohon Tunggu... Administrasi - Wartawan senior

Wartawan senior

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Kekerasan Sektarian Baru Meningkat di Pakistan, ICG Memperingatkan

22 September 2022   15:45 Diperbarui: 22 September 2022   15:51 64 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Anggota Tehreek-e-Labaik Pakistan (TLP) sedang protes terhadap keputusan Mahkamah Agung Pakistan. | Sumber: DW

Oleh Veeramalla Anjaiah

Sebuah cabang lokal dari kelompok teroris ISIS --- Provinsi Khorasan (ISKP) dan Tehreek-e-Labaik Pakistan (TLP) atau Labaik telah menciptakan perselisihan sektarian baru di Pakistan, demikian peringatan International Crisis Group (ICG) yang berbasis di Brussels dalam laporan terbarunya.

ICG merilis laporannya yang berjudul "Era Baru Kekerasan Sektarian di Pakistan" pada tanggal 5 September 2022.

Kebangkitan ISKP, dan pengaruh TLP yang berkembang yang menarik dukungan sebagian besar dari mayoritas Sunni Barelvi, membuka babak baru dalam kekerasan sektarian Pakistan, yang hingga saat ini sebagian besar didorong oleh kelompok Sunni Deobandi Lashkar-e-Jhangvi (LJ) dan Sipah-e-Sahaba Pakistan (SSP).

"Mungkin yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa militansi sektarian sekarang terjadi di berbagai kelompok Sunni-Islam, termasuk penganut apa yang pernah dianggap sebagai sub-sekte Barelvi yang lebih moderat, yang diyakini merupakan sebagian kecil dari mayoritas penduduk Pakistan," kata ICG.

Dalam laporannya, ICG memperkirakan bahwa TLP, yang diakui oleh Komisi Pemilihan Pakistan sebagai partai politik meskipun memiliki catatan kekerasan, dapat mengkonsolidasikan pengaruh politiknya dan mengancam wacana politik arus utama selama pemilihan tahun depan.

Menurut laporan tersebut, kelompok Muslim Sunni, Deobandi Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), dan saingannya TLP yang mewakili Barelvis, serta kelompok militan lainnya yang telah menjadi afiliasi ISPK dan telah tumbuh dari sabuk suku yang mencakup Afghanistan dan Pakistan ke provinsi lainnya.

"Kedua kelompok ini sangat berbeda dan bertanggung jawab atas beberapa pertumpahan darah antar-komunal terburuk di negaranya. Militansi sektarian dengan demikian meluas di seluruh spektrum kelompok Islam Sunni. Minoritas Muslim, khususnya Syiah, sangat rentan. Kewaspadaan berbahaya karena kelompok garis keras memobilisasi tuduhan penistaan agama untuk mendapatkan pengaruh politik," kata laporan tersebut.

Sangat mengkhawatirkan bahwa militan inti LJ bergabung dengan ISKP.

"Untuk menempatkan segalanya dalam perspektif, LJ adalah salah satu kelompok teroris sektarian paling mematikan di Pakistan. Mereka bertanggung jawab atas daftar panjang penyingkiran berdarah anti-Syiah. Sementara kepemimpinan LJ mungkin 'dihancurkan', seperti yang ditunjukkan oleh laporan itu, para pendukung politiknya, dalam bentuk Sipah-i-Sahaba Pakistan/Ahlussunnah wal Jama'ah sangat aktif," kata surat kabar Dawn baru-baru ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan