Mohon tunggu...
Veeramalla Anjaiah
Veeramalla Anjaiah Mohon Tunggu... Wartawan senior

Wartawan senior

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

CPEC, Pengubah Permainan atau Cara China untuk Menjajah Pakistan?

27 Februari 2021   10:30 Diperbarui: 27 Februari 2021   10:32 267 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
CPEC, Pengubah Permainan atau Cara China untuk Menjajah Pakistan?
Peta jalur darat antara Kashgar, China, dan Gwadar di Pakistan. | Sumber: www.tribuneindia.com

Pada tahun 2015, China dan Pakistan mengumumkan pembangunan sebuah proyek China-Pakistan Koridor Ekonomi (CPEC) yang ambisius untuk membangun pelabuhan besar, pembangkit listrik, bendungan, jalur kereta api, kawasan industri, dll. di Pakistan dengan investasi China hingga AS$46 miliar selama jangka waktu sekitar 15 tahun. Ini adalah bagian dari Belt and Road Initiative (BRI) China. Ini juga merupakan bagian dari rencana pembangunan lima tahun ke-13 China.

Dari investasi $46 miliar, $35 miliar akan dikhususkan bagi sektor energi dan sisanya untuk pembangunan infrastruktur. Pada tahun 2020, total pengeluaran CPEC telah ditingkatkan dari $46 miliar menjadi rekor $62 miliar.

Mari kita lihat apa yang dikatakan pemerintah Pakistan tentang CPEC dan manfaatnya bagi Pakistan.

Tujuan utama CPEC adalah untuk meningkatkan infrastruktur di Pakistan dan membina hubungan ekonomi serta politik antara China dan Pakistan. Ini memberikan manfaat strategis bagi China juga.

Sebagai bagian dari CPEC, China akan meningkatkan pelabuhan laut Gwadar, pelabuhan laut terdalam di dunia di Laut Arab dan mengubahnya menjadi pelabuhan pintar kelas dunia. Ini akan memberi China akses strategis yang sangat dibutuhkan ke Laut Arab, yang akan menghubungkan ke Timur Tengah dan negara-negara Afrika. Pelabuhan Gwadar mulai beroperasi pada tanggal 14 November 2016.

CPEC akan membangun jalan raya sepanjang 2,700 kilometer dari Gwadar, sebuah pelabuhan di provinsi Balochistan Pakistan, ke Kashgar , sebuah kota di wilayah barat laut Xinjiang. Di sepanjang jalan lintas negara ini, China akan membangun jalur kereta api, jaringan pipa minyak dan gas, serta sambungan serat optik antara kedua kota tersebut.

Konektivitas baru antara China dan Pakistan akan memberikan manfaat besar bagi China karena memotong jarak dan jumlah hari perjalanan di laut antara China dan Timur Tengah. Ini juga akan mengurangi kepentingan strategis dari Selat Malaka.

CPEC, menurut pemerintah Pakistan, adalah pengubah permainan (game-changer) bagi Pakistan karena menghubungkan negara itu dengan pasar China, dan Asia Tengah.

Sorotan utama lainnya dari CPEC adalah membangun lebih banyak pembangkit listrik tenaga batu bara, proyek pembangkit listrik tenaga air untuk menghasilkan 17,000 megawatt listrik dengan investasi $33 miliar. Ini akan menggandakan produksi listrik Pakistan pada tahun 2030. Pembangkit listrik besar-besaran ini akan dilakukan melalui produsen listrik independen (IPP).

Pakistan mengatakan jika semua proyek selesai, CPEC akan melayani 3 miliar orang di Asia dan Afrika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN