Mohon tunggu...
Anita Kasifah
Anita Kasifah Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger

Member of Fimelahood Bandung

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Service Excellent, Sebuah Dedikasi untuk Melayani Sahabat Daihatsu Sepenuh Hati

14 Maret 2023   15:38 Diperbarui: 15 Maret 2023   15:58 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi CRO Bersama Sahabat Daihatsu, Bapak Andrie dan keluarga 

Melayani bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban, melainkan bagaimana kita menghadirkan kepedulian dan ketulusan di dalamnya. Pelayanan prima berasal dari konsep kepedulian dimana kepuasan konsumen adalah sebuah mahkota yang harus dijunjung tinggi. Pelayanan prima adalah perbuatan atau tindakan yang diberikan kepada konsumen sesuai dengan apa yang mereka harapkan pada saat mereka membutuhkan. Kepentingan dan kebutuhan konsumen merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan yang prima.


Sebagai salah satu dealer yang memberikan pelayanan kepada konsumen, Tunas Daihatsu Garut selalu berusaha meningkatkan kualitas kinerja dan kualitas pelayanan kepada konsumen. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan service excellent kepada konsumen guna menciptakan dan mempertahankan pelanggan serta meningkatkan profit bisnis. Tunas Daihatsu Garut senantiasa memberikan service excellent kepada konsumen dari awal kedatangan hingga kepulangan konsumen. Mulai dari Security, Counter Sales, Service Advisor, Cashier, Service Reminder Officer dan tak terkecuali Customer Relation Officer.


Service excellent merupakan sebuah dedikasi yang diberikan oleh Tunas Daihatsu Garut kepada seluruh pelanggan tanpa membedakan status sosial maupun tingkat ekonomi. Salah satu pelanggan yang membagikan pengalaman menarik tentang service excellent yang dirasakan ketika mengunjungi dealer Tunas Daihatsu Garut ialah Bapak Andrie (45 tahun) pria yang berprofesi sebagai wiraswasta asal Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut tersebut membagikan pengalaman paling berkesan ketika memutuskan untuk membeli mobil Daihatsu Terios Tipe R di bulan februari lalu.


"Saya sudah pernah melakukan pembelian mobil merek lain di dealer lain sebelumnya. Tapi diantara dealer-dealer di Kabupaten Garut yang pernah saya kunjungi, saya dan keluarga merasa sangat nyaman ketika berkunjung ke Dealer Daihatsu Garut. Dari awal kedatangan saya disambut oleh security, lalu ketika masuk ke showroom saya dan istri disambut ramah oleh Bu Anita selaku Customer Relation Officer Tunas Daihatsu Garut. saya merasa diterima dengan sangat baik ketika mengunjungi dealer Daihatsu Garut. Padahal pada saat kali pertama berkunjung, saya masih belum yakin akan membeli mobil Daihatsu atau merek lain saja. Tapi keramahan dan pelayanan dari Bu Anita membuat saya antusias dan pada akhirnya memutuskan untuk melanjutkan proses pembelian unit mobil kepada Bu Nurul selaku sales yang menangani saya. Bu Nurul juga pelayanannya bagus sekali, aktif memberikan informasi terkini mengenai proses pembelian mobil saya, ia juga mendengarkan setiap kebutuhan dan keinginan saya dengan sabar. Mobil Terios ini saya beli sebagai hadiah untuk anak laki-laki saya. Terios ini mempunyai tampilan eksterior dan interior yang begitu apik dan menawan. Memiliki konsep body adventure, kabin yang luas, dan fitur yang dimiliki cukup mumpuni" Ungkap Pak Andrie menceritakan momen yang dialami sambil tersenyum.


Pak Andrie bercerita bahwa "Proses pembelian unit di Daihatsu Garut sangat mudah dan cepat. Pada saat serah terima mobil pun saya dan keluarga kembali disambut hangat oleh Bu Anita. Proses serah terima mobil dibantu oleh Bu Nurul selaku sales yang menangani kami dari awal. Pada saat kami menyimak penjelasan Bu Nurul ketika serah terima mobil, tiba-tiba anak saya rewel dan terus-terusan menangis. Bu Anita langsung membantu menenangkan anak kami, mengajak anak kami bermain, Ia juga memberi mainan dan coklat kepada anak kami. Perhatian sederhana itulah yang membuat kami merasa senang dan nyaman selama berada di Dealer Daihatsu Garut."


"Selang beberapa hari, saya dan istri kembali mengunjungi dealer Daihatsu Garut untuk pengambilan STNK sekaligus servis mobil. Dari awal kedatangan Bu Anita sigap membantu proses pengambilan STNK kami. Dan juga ia perhatian kepada saya dan istri. Seolah kami merasa bukan hanya sekedar konsumen yang datang bertamu ke dealer, melainkan merasakan adanya kedekatan seperti keluarga ketika datang ke dealer. Dan ketika saya dan istri hendak pulang, saya lupa dengan penjelasan sales mengenai mobil pada saat delivery unit, saya langsung bertanya lagi mengenai Foglamp dan indikator mobil dan Bu Anita langsung memberi penjelasan dan menunjukkan caranya kepada saya. Saya merasa terbantu sekali." Ungkap Pak Andrie.


Sebagai seorang Customer Relation Officer (CRO), Anita Kasifah yang saat ini sudah menjalani profesinya hampir satu tahun terakhir, setiap harinya selalu membangun relasi dengan konsumen dan memberikan pelayanan sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Ia bercerita bahwa "Menjadi seorang Customer Relation Officer (CRO) membuat saya paham bahwa manusia itu unik. tidak ada manusia yang serupa. Spesial adalah kata yang tepat untuk menggambarkannya. Setiap manusia memiliki karakternya masing-masing. Baik itu status sosial, latar belakang keluarga, latar belakang pendidikan, kondisi finansial, hingga keunikan dirinya. Setiap hari saya bertemu dan menghadapi konsumen dengan rentang usia dan karakter yang berbeda-beda. Dari sekian banyak konsumen yang dihadapi mengajarkan saya bahwa service is a feeling. Pelayanan berkaitan dengan perasaan. Bagaimana agar konsumen merasa nyaman, bagaimana konsumen merasa senang, dan yang terpenting adalah terpenuhi kebutuhan dan keinginannya. Try to be understand first, before asking to be understood. Untuk mencapai service excellent, pelayanan yang diberikan tidak hanya sekedar untuk memenuhi standar minimal saja, tetapi memberikan pelayanan yang melampaui harapan dan ekspektasi guna meningkatkan loyalitas pelanggan."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun