Mohon tunggu...
Anita Septia
Anita Septia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Sriwijaya

FKIP PLS UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Posyandu Lansia sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kesehatan Lansia di Desa Sukowono

5 Oktober 2022   16:03 Diperbarui: 5 Oktober 2022   18:11 120 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

           Author : Anita Septia, Azizah Husin,M.Pd dan Yanti Karmilah Negsih,M.Pd

              Posyandu lansia adalah sebuah wadah pelayanan Kesehatan terkecil warga lansia. Kegiatan ini adalah pelayanan Kesehatan dengan mengupayakan peningkatan layanan yang sedang dibutuhkan masyarakat seperti perbaikan gizi, ketahan pangan keluarga dan kesejahteraan social, pemeriksanaan Kesehatan dan lain sebagainya. 

Beberapa pelayanan yang diberikan posyandu tersebut harus dijalankan sesuai peraturan yang sudah ditetapkan. Dalam pembentukan dan pelaksanaannya posyandu dilakukan dengan inisiatif masyarakat. Hal ini, membuat program dan pelayanan yang tersedia bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat daerah setempat.

            Tujuan diadakannya posyandu lansia yaitu untukmeningkatkan pelayanan kesehatan lansia dimasyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai kebutuhan lansia. Adapun sasaran posyandu lansia meliputi usia lanjut (45-59 tahun), usia lanjut(60 tahun keatas) dan usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun keatas).

            Kegiatan posyandu lansia merupakan suatu program yang ada disetiap desa/daerah termasuk salah satunya yaitu di Desa Sukowono. Desa Sukowono merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Jayaloka, Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan posyandu lansia di Desa Sukowono biasanya dilaksanakan satu bulan sekali yaitu pada tanggal 10 setiap bulan. Adapun kegiatan posyandu lansia yang dilaksanakan di Desa Sukowono yaitu meliputi pemeriksaan kesehatann lansia, senam lansia, pemerian vitamin kepada lansia, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat.

            Kegiatan posyandu lansia di Desa Sukowono di ikuti oleh lansia yang sangat bersemangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Lansia di Desa Sukowono sangat berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia setiap satu bulan sekali. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lansia yang mengikuti kegiatan posyandu lansia. Lansia sangat senang mengikuti kegiatan ini dikarenakan lansia mendapatkan edukasi terkait menjaga kesehatan dan lansia dapat berkumpul dengan lansia lainnya untuk saling berinteraksi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan