Mohon tunggu...
Anita DamayantiS
Anita DamayantiS Mohon Tunggu... Lainnya - Seseorang yang suka tantangan baru

Seseorang yang suka mencoba tantangan baru untuk menambah wawasan baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Menakjubkan Mahasiswa Undip Ajak Beternak di Pandemi Covid 19 dengan 5M yang Didukung dengan Yoghurt

2 Agustus 2021   20:53 Diperbarui: 2 Agustus 2021   21:26 29 3 1 Mohon Tunggu...

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Boyolali (07/08/2021)___ Program KKN TIM II UNDIP tahun 2021 dilaksanakan mulai 30 Juni sampai 13 Agustus 2021. Tema yang diangkat pada KKN Tahun 2021 ini adalah Sinergi Perguruan Tinggi dngan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. 

Program yang dilaksanakan mahasiswa KKN UNDIP yaitu Pengenalan mengenai bidang peternakan dan olahan hasil ternak di lingkungan RT.14 RW.03 dusun Suren secara daring dan Sosialisasi mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid 19 untuk masyarakat di lingkungan RT 14 RW. 03 dusun Suren secara daring. 

Tujuan dari program ini adalah Mengajak masyarakat untuk beternak di masa pandemi covid 19 ini dengan menerapkan protocol kesehatan 5M.

Program ini dilaksanakan di Dusun Suren Rt.14 Rw.03, Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Program ini dilaksanakan secara daring menggunakan media sosial seperti whatsapp, youtube dan instagram. Materi yang digunakan meliputi ppt mengenai bidang peternakan, yoghurt, masker, sabun cuci tangan dan banner.

Bidang peternakan memiliki prospek yang sangat bagus setiap tahunnya karena untuk mencukupi kebutuhan protein hewani masyarakat. Apalagi dimasa pandemi ini membutuhkan protein yang lebih unrtuk menunjang imunitas tubuh sehingga dapat melawan virus covid 19 sehingga peternakan sangat diperlukan di masa pandemi ini. 

Selain itu, di masa pandemi ini masyarakat dapat membuat minuman yang menunjang imunitas yaitu seperti yoghurt karena dapat meningkatkan imunitas. Pandemi covid 19 harus segera diakhiri yang dpaat dimulai dari kesadaran diri yaitu menerapkan 5M (mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas). Hal ini lebih efektif dalam mencegah penyebaran virus covid 19 di Indonesia.

Program ini disambut baik oleh warga Suren Rt.14 Rw.03, Ngaglik, Sambi, Boyolali dengan antusias yang tinggi dalam mengikuti sosialisasi secara daring/online melalui whatsapp. 

Antusias ini ditunjukkan dengan banyak warga yang setuju dalam melaksanakan 5M dalam kehidupan sehari hari. Terima kasih informasinya mba semoga bermanfaat dan sukses selalu salam sehat juga" Ujar Bu Diah warga Suren RT.14 RW.03, Ngaglik,Sambi Boyolali.

Penulis : Anita Damayanti Sudarsono, 23010118130153, S1 Peternakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang.

Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Dra. Ari Pradhanawati, M.S.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN