Mohon tunggu...
Anis Soviatin
Anis Soviatin Mohon Tunggu... Mahasiswa Program Study Pendidikan Agama Islam IAIN Jember

"Pasti akan ada Keberhasilan jika tak pernah ada kata Menyerah"

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran-Aliran Filsafat, Tokoh Pelopor Filsafat dan Tokoh Kunci Pemikir Filsafat dalam Dunia Pendidikan

27 Maret 2020   05:24 Diperbarui: 27 Maret 2020   05:36 63 7 3 Mohon Tunggu...

Sebelum ke materi pembahasan. Nah..Kita akan belajar dulu mengenai arti Filsafat Pendidikan. 

 Filsafat Pendidikan merupakan aplikasi filsafat dalam pendidikan, kenapa pendidikan membutuhkan filsafat? karena masalah-masalah pendidikan tidak dibatasi hanya dengan pengalaman-pengalaman  saja, melainkan masalah-masalah yang lebih luas, dalam, dan kompleks. 

 Filsafat Pendidikan juga sebagai salah satu acuan untuk memperbaiki pendidikan di indonesia, karena dalam mempelajari filsafat pendidikan kita lebih tahu dasar-dadar pendidikan.

1.) Aliran  Filsafat Pendidikan

 Aliran filsafat pendidikan dapat di bagi menjadi  3 bagian : 

A. Aliran Filsafat Progresivisme

 Progresivisme merupakan filsafat yang berpendapat bahwa pengetahuan yang benar   pada masa kini tidak mungkin benar di masa mendatang. Karenanya, cara terbaik mempersiapkan para siswa untuk suatu masa depan yang tidak diketahui adalah dengan membekali mereka untuk menemukan kebenaran-kebenaran yang relevan pada saat ini dengan adanya cara tersebut manusia dapat mengalami kemajuan dan perubahan.

B. Aliran Konstruksifisme

 Aliran yang dikembangkan oleh jean piaget, menyakini bahwa belajar akan lebih berhasil apa bila disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif peserta didik. Aliran ini lebih menekankan bahwa pengetahuan adalah bersifat konstruksi.

C. Aliran Humanistik

 Adapun aliran humanisme sendiri sangatlah berkaitan dengan kehidupan masyarakat. seperti dalam pendidikan pembelajaran, antara para siswa dan guru sama-sama merupakan komponen penting dalam pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x