Mohon tunggu...
Anissatussadiyah
Anissatussadiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pendidikan Guru SD Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Mengetahui Strategi dan Teknik Bimbingan Belajar

5 Desember 2020   22:00 Diperbarui: 5 Desember 2020   22:02 11 0 0 Mohon Tunggu...


PENTINGNYA MENGETAHUI STRATEGI DAN TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR


Pendahuluan


Kualitas kehidupan suatu bangsa dan negara sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Pendidikan penting bagi kemajuan Bangsa dan Negara dalam menyongsong era globalisasi. Guna mendukung suatu kemajuan Bangsa dan Negara, dalam dunia pendidikan agar lebih dituntut meningkatkan mutu pendidikan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki kemampuan meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Diharapkan adanya kualitas pendidikan bisa meningkatkan harkat serta martabat rakyat Indonesia.
Bimbingan belajar adalah salah satu bidang bimbingan, menurut Crow & Crow (dalam Prayitno, 2004:94) bimbingan merupakan suatu bantuan yang diberikan oleh seseorang, yang mempunyai kepribadian, yang memadai serta terlatih dengan baik kepada individu setiap usia guna membantu untuk mengatur kegiatan hidupnya sendiri, serta dalam menanggung bebannya sendiri.


Bimbingan belajar adalah bimbingan yang ditunjukan kepada siswa guna mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, kemampuannya dan membantu siswa dalam menentukan berbagai  cara yang efektif dan efisien dalam mengatasi suatu masalah belajar yang dialami oleh setiap siswa (Hamalik, 2004:195).


Adapun Tim Jurusan Psikologi Pendidikan mengemukakan bahwa bimbingan belajar adalah proses pemberian bantuan kepada peserta didik dalam memecahkan kesulitan-kesulitan yang berhubungan dengan masalah belajar (Mulyadi, 2010:107).


Berdasarkan beberapa pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar adalah suatu proses bantuan yang diberikan kepada peserta didik supaya dapat mengatasi masalah yang dihadapinya dalam kegiatan belajar, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal sesuai dengan kemampuan, bakat serta minat yang dimilikinya.


Pembahasan


Strategi Bimbingan Belajar


Strategi bimbingan belajar merupakan suatu upaya berencana yang cermat dalam kegiatan bimbingan belajar guna meningkatkan aktivitas belajar dan mengatasi permasalahan yang menganggu, sehingga prestasi belajarnya meningkat secara optimal (sukses dalam bidang akademik).


Strategi pembelajaran adalah cara yang dipilih untuk menyapaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah meliputi sifat lingkup serta urutan kegiatan pembelajaran yang memberikan pengalaman bagi peserta didik. Gerlach dan Erly dalam Uno (2014:1).


Adapun strategi yang harus diperlukan dari guru bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN