Mohon tunggu...
Anis Safitri
Anis Safitri Mohon Tunggu... Penulis - Learner

I love learning and teaching. My cathartic medium is writing about education, women, and self-development. Keep in touch with me! My personal blog www.anissafitri.com. Instagram account @irtifassina

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dari Ikatan Cinta, Kita Belajar

9 Agustus 2021   12:31 Diperbarui: 9 Agustus 2021   13:20 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay 

Awalnya, Andin menikah dengan Nino. Lalu, Elsa (adiknya Andin) memfitnah Andin selingkuh dengan Roy demi merebut Nino. Nino yang mudah percaya lalu menceraikan Andin. Gawatnya, Andin juga dituduh membunuh Roy (mantan pacar Andin yang sebenarnya telah menghamili Elsa). Akibat tuduhan itu, Andin dipenjara 4 tahun. Selama menjadi tahanan, Andin posisinya sedang hamil dan diceraikan Nino. Elsa akhirnya bisa menikah dengan Nino.

Empat tahun telah berlalu. Andin keluar dari penjara dan bertemu dengan Mas Al. Mas Al ini adalah kakaknya Roy (yang diduga telah dibunuh Andin). Karena dugaan itu, Mas Al dendam pada Andin dan berambisi untuk membalas kejahatan itu. Waktu berlalu, Mas Al menikahi Andin untuk balas dendam. Namun, Mas Al akhirnya jatuh cinta dengan Andin. Mas Al perlahan percaya kalau Andin bukan pelaku pembunuhan adiknya. Saat ini Mas Al dan Andin sedang mencari siapa pembunuh Roy sebenarnya.

Sungguh pelik. Sungguh rumit. Ringkasan sinetron yang saya tulis di atas belum seluruhnya. Masih ada alur cerita yang terlewatkan, seperti alur cerita Mas Al yang berusaha membongkar makam Roy dan melakukan tes DNA pada Reyna. Hahaha. Rasanya, perlu satu buku khusus untuk menjelaskan alur cerita Ikatan Cinta.

Sinetron yang ditayangkan di Stasiun RCTI ini memang sedang naik daun dan banyak digandrungi penonton. Sejak akhir tahun 2020 lalu, saya sudah menyimak begitu semangatnya para penonton (terkhusus ibu-ibu) yang sangat candu pada sinetron ini. Pada akhirnya, selepas saya mengikuti kegiatan KKN, saya penasaran dan mengintip sedikit cuplikan sinetronnya di YouTube RCTI. Tak disangka, saya juga kecanduan seperti emak-emak di luar sana.

Pada kesempatan kali ini, saya tak ingin berbagi cerita lengkap tentang alur Mas Al dan Andin dalam mengungkap siapa pembunuh Roy yang sebenarnya. Teman-teman tentu bisa menyaksikan sinetronnya sendiri hehe. Di sini, saya ingin membahas tentang respons penonton yang luar biasa terhadap setiap scene di Ikatan Cinta.

Ketika Ada Scene Romantis, Penonton Ikutan Baper dan Video di YouTube Jadi Trending

Fakta yang saya ketahui, ketika penonton sudah jatuh hati dengan tokoh Mas Al-Andin, mereka pasti tak pernah lepas menyaksikan scene Mas Al-Andin, apalagi saat beradegan romantis. Yang saya kagetkan, ternyata YouTube Channel Official RCTI yang mengunggah scene romantis Mas Al-Andin di YouTube juga ikutan trending, dengan jumlah viewers yang tak main-main. Serius, saya saja sampai bengong melihat antusias penonton terhadap sinetron ini. Kalau saya sendiri, kadang suka nonton, kadang juga engga, alias biasa saja, karena saya menyukai semua scene di Ikatan Cinta (peres banget ya wkwk).

Saat Ada Tokoh yang Bertingkah dan Tidak Disukai Penonton, Netizen Auto Serbu Media Sosialnya

Fakta ini juga saya temukan beberapa waktu lalu ketika di Ikatan Cinta ada scene Mama Sarah (ibunya Andin dan Elsa) yang rela masuk penjara demi membela Elsa yang sebenarnya telah membunuh Roy. Gimana ngga gedeg, penonton pasti kesal karena kejahatan Elsa tidak juga terungkap. Pada saat mau terungkap, Mama Sarah justru mengaku dirinyalah yang membunuh Roy dan menyatakan dirinya untuk ditangkap.

Adegan Mama Sarah ini sontak memancing kemarahan penonton. Hal ini saya temukan saat melihat kolom komentar di Instagram-nya pemeran Mama Sarah. Banyak sekali netizen yang mengungkapkan kekesalannya, mengapa harus melindungi Elsa yang jelas-jelas salah. Ungkapan kasar tak segan untuk mereka lontarkan melalui kolom komentar tersebut. Ternyata para netizen sudah lupa kalau sejatinya Ikatan Cinta adalah sinetron, tentunya dengan jalan cerita fiktif (tidak nyata).

Dari Ikatan Cinta, Kita Belajar...   

Banyak hal-hal menarik yang saya dapatkan dari fenomena booming-nya Ikatan Cinta. Sinetron yang meraih rekor muri, sinetron yang banyak digandrungi penonton, sinetron yang katanya punya alur cerita tak biasa. Meski begitu, saya juga tahu adanya pihak yang pro dan kontra dengan tayangan ini. Sebuah kewajaran. Pastilah ada yang mendukung dan menolak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun