Mohon tunggu...
ANISHA ANGGI NURYADI
ANISHA ANGGI NURYADI Mohon Tunggu... Universitas Negeri Semarang

Saat ini saya merupakan mahasiswa Universitas Negeri Semarang, saya tertarik dengan hal yang menyangkut pendidikan, sosial budaya, dan psikologi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Game Edukatif Petualangan Nusantara Sukses Ubah Suasana Belajar di SDN Werdoyo

1 Mei 2025   23:15 Diperbarui: 1 Mei 2025   23:15 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Potret Siswa Kelas IV SDN Werdoyo

Antusias Siswa Terhadap Petualangan Nusantara
Antusias Siswa Terhadap Petualangan Nusantara
Sebuah gebrakan inovatif dalam dunia pendidikan kembali ditunjukan oleh Anisha Anggi Nuryadi, mahasiswi Universitas Negeri Semarang dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melalui kegiatan Bhakti Akademisi yang dilaksanakan di SDN Werdoyo, Anisha berhasil memperkenalkan dan mengimplementasikan media pembelajaran berupa game edukatif berjudul "Petualangan Nusantara".

Game ini dirancang khusus  untuk siswa sekolah dasar dengan pendekatan yang menyenangkan namun tetap edukatif. "Petualangan Nusantara" mengangkat tema kearifan lokal, budaya Indonesia, serta berbagai pengetahuan yang dikemas dalam bentuk permainan petualangan interaktif. Melalui media ini, siswa diajak menjelajahi berbagai pulau di Indonesia, memecahkan tantangan, menyelesaikan misi pembelajaran yang menstimulasi rasa ingin tahu siswa.

Kegiatan Bhakti Akademisi ini dilaksanakan dalam sesi pembelajaran terpadu di kelas IV SDN Werdoyo. Selama kegiatan berlangsung, siswa menunjukan antusiasme tinggi dalam mengikuti setiap tantangan yang ada di dalam game. Game ini sukses mengubah suasana pembelajaran di ruang kelas menjadi lebih interaktif dan menarik siswa untuk belajar sambil bermainn.

Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan game “Petualangan Nusantara” secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih bersemangat untuk belajar, aktif dalam berdiskusi, dan menunjukkan peningkatan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Beberapa siswa bahkan menyatakan bahwa mereka merasa seperti sedang bermain sambil belajar, bukan belajar yang dipaksakan.

 Menurut Anisha, pembuatan game ini didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik generasi masa kini. “Kami percaya bahwa pembelajaran yang menyenangkan akan membentuk pengalaman belajar yang berkesan. Dengan pendekatan  yang dekat dengan dunia siswa, kita bisa membangun motivasi intrinsik mereka dalam belajar,” ujar Anisha.

 

Pemberian Sertifikat Apresiasi Oleh Kepala Sekolah SDN Werdoyo
Pemberian Sertifikat Apresiasi Oleh Kepala Sekolah SDN Werdoyo
Kepala SDN Werdoyo juga menyambut baik inovasi ini dan berharap agar kerja sama antara kampus dan sekolah terus terjalin, guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah.

Dengan adanya kegiatan bhakti akademisi ini, terbukti bahwa sinergi antara dunia akademik dan dunia pendidikan dasar mampu menghasilkan inovasi konkret yang berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. “Petualangan Nusantara” bukan hanya sebuah game, tetapi juga jembatan menuju pendidikan yang lebih adaptif dan menyenangkan bagi generasi masa depan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun