Mohon tunggu...
Anisa Mandela
Anisa Mandela Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan swasta (S2)

sebaik-baiknya hidup adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Kasihku di Wonogiri

7 Oktober 2022   16:54 Diperbarui: 7 Oktober 2022   17:04 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Wonogiri pagi ini terlihat cerah , dengan seseruput kopi hangat di warung buk sulis langgananku ini . Aku sengaja tidak sarapan di hari ini karena perutku belum berasa lapar dan cuaca dingin yang melanda membuat perut kenyang walaupun belum makan . Kondisi cuaca seperti ini yang tidak akan pernah aku rasakan ketika aku memilih hidup di kota-kota besar lainnya . 

Memang fasilitas dan segala gemerlap kehidupan duniawi ada semua di kota . Tetapi aku sama sekali tidak tertarik untuk meninggakan kampung halaman ku ini . Kemurahan bahan pangan dan keramahtamahan penduduk pribumi membuatku berkomitem tidak akan pindah ke lain hati . Ke kampung ataupun ke kota yang lain . 

Semangat pagi dan ridho dari orangtuaku serta doa-doa yang kulangitkan akan membuat semangat dan giat mencari pekerjaan setalah aku lulus sarjana teknik industri ini . Jerih payah orang tuaku yang mendidik aku mulai kecil hingga sampai detik ini tidak akan pernah aku sia-siakan . dan akan aku tunjukkkan bahwa aku adalah remaja desa yang mampu mewujudkan mimpi - mimpinya . 

Menjadi arsitek adalah salah satu impian terbesar bagi remaja desa seperti aku ini . Membangun gedung-gedung pencakar langit , gedung-gedung pemrintahan , dan jalan-jalan raya .

Dulu sewaktu kecil ayahku selalu bilang bahwa : "jadilah orang-orang besar dengan pemikiran yang hebat nak" . Kelak kau akan merasakan bahwa doa-doa orang tuamu ini akan dikabulkan . Sejak saat itu aku ingin bekerja dan berperan dalam kemajuan desa ku  . aku bulatkan tekadku ini untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan bidangku . Dan alhamdulillah saat ini aku sudah bekerja di perusahaan swasta rekanan pemerintah bergerak di bidang beton dan konstruksi . 

Dari kota ini aku belajar tentang kesederhanaan , tentang artinya hidup bersusah payah dari nol , dan belajar tentang keramahan penduduk setempat . Sesuatu yang sangat patut disyukuri belajar tentang kehidupan ini . 

Sepulang kerjaku nanti aku berencana untuk mampir ke toko sepatu membelikan adikku sepatu bola dengan gaji pertamaku . Kecintaannya kepada sepak bola perlu ku dukung sebagai mas yang baik baginya . Tumbuh bersama ketika kecil dengan selisih usia kurang lebih 5 tahun membuat aku sangat paham apa tentang keinginannya . ketika makan dengan tiwul dan kelapa parut di waktu kecil bersama-sama ini akan menjadi kenangan dan cerita hidup kita ketika kami sudah berkeluarga . 

Sepulang kerja aku sudah melihat ada nasi jagung , sambal terasi , ikan asin dan sayur asem kesukaan kami . Ayah dan ibuk yang selalu peduli dengan anak-anaknya , meskipun usiamu sudah tidak muda tapi ingatanmu masih memikirkan kami anak-anakmu yang sudah dewasa ketika pulang dari bekerja . Tak lupa teh hangat untuk pelepas dahaga . Aku ingin segera berumah tangga agar bisa merawat mu bapak ibuk yang sudah tua . Peluhku akan aku curahkan sepenuhnya untuk kalian . aku akan tetap disini bersamamu , bersama kalian di kota wonogiri tercinta ini 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun