Mohon tunggu...
Anisa Mandela
Anisa Mandela Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan swasta , Mahasiswa Pasca Sarjan

sebaik-baiknya hidup adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Pentingnya Pendidikan Tertanam di Lingkungan Keluarga

22 September 2022   13:30 Diperbarui: 22 September 2022   13:30 101 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Pentingnya pendidikan di lingkup keluarga menjadi salah satu tolak ukur untuk kesuksesan generasi selanjutnya di masa depan . Pendidikan di lingkungan keluarga meliputi pendidikan akhlak dan pendidikan agama , yang di pupuk dan dilahirkan dari kebiasaan yang baik di lingkungan keluarga . Sifat dan kelakuan anak-anak kita akan dapat dilihat dari sifat kedua orang tuanya serta dari anggota keluarga lainnya yang tinggal serumah dengan si anak . 

Maka dari itu pendidikan yang di peroleh anak pertama kali adalah pendidikan di lingkungan keluarga , sebelum nantinya mereka mengenyam pendidikan formal . 

Maka dari itu orang tua adalah orang pertama yang sangat bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup sang anak . Dengan pendidikan pertama yang diperoleh sang anak di lingkungan keluarga , disini akan muncul dan nantinya menjamin tingkat kehidupan emosional sang anak .

Dorongan kuat dari kedua orang tuanya akan menjadikan anak ini menjadi pribadi yang percaya diri , bermental kuat , dan sangat mudah menjalani kehidupan bermasyarakat nantinya . Kita tidak perlu mengekang anak kita agar menurut dengan kemauan kita .

 Karena pada dasarnya anak ini nantinya akan berkembang di lingkungan yang lebih luas selain keluarga , sehingga dia akan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan selain keluarga nantinya . Peran kita sebagai orang tua cukup mengawasi dan mengarahkan anak-anak kita agar menerapkan pendidikan akhlak dan moral yang baik buat anak-anak kita 

Terkadang beda generasi akan berbeda pula jalan pikirnya , yang pasti kebaikan yang diajarkan oleh orang tuanya mulai awal atau sedini mungkin bisa menjadi bekal anak nantinya . 

Karena selain pendidikan anak dalam lingkungan keluarga , nantinya anak ini akan menempuh pendidikan formal yang akan di ketemukan dengan berbagai kalangan anak dari keluarga yang lainnya , yang pasti dengan cara didik dari orang tua yang berbeda-beda . 

Mulai dari TK  , SD , SMP , SMA , Perguruan tinggi anak-anak kita akan bertemu dengan teman-teman yang  berbeda ras , suku , agama , dan bahasa . Setelah anak ini dewasa orang tua akan menjadi partner yang baik untuk sang anak ketika menghadapi kendala dalam urusan pergaulan dan lain sebagainya . 

Ada saatnya nanti anak kita akan menjadi anak yang kuat berbekal pendidikan dari keluarga dan dari pendidikan formal ataupun informal . Peran kita sebagai orang tua selanjutnya hanya mendukung anak kita untuk menjadi pribadi yang baik dan berbudi luhur untuk kepentingan kehidupan mereka selanjutnya . Karena tempat pertama untuk berkeluh kesah dengan segala permasalahan dan kendala yang ada dalam anak adalah keluarga . 

Dan pendidikan informal ataupun pendidikan formal hanya akan menjadi tolak ukur anak untuk mencapai cita-citanya . 

Maka dari itu  kita persiapkan sebaik mungkin untuk kelangsungan masa depan anak kita senlanjutnya yang berawal dari dalam rumah kita sendiri .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan