Mohon tunggu...
Anisah Setyaningrum
Anisah Setyaningrum Mohon Tunggu... Lainnya - A Lifelong Learner

eager to learn and develop new skills

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

It's Never Too Late to Do a Good Thing: Apresiasi Peringatan Hari Guru yang Sempat Tertunda

1 Desember 2022   15:41 Diperbarui: 1 Desember 2022   15:53 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

It's Never Too Late to Do a Good Thing: Apresiasi Peringatan Hari Guru yang Sempat Tertunda

Oleh: Anisah Setyaningrum

Senin sore, tanggal 28 November 2022 salah seorang wali murid memulai pembahasan tentang rencana membuat acara sederhana sebagai apresiasi untuk guru anak-anak kami. Peringatan Hari Guru Nasional memang sudah terlewat waktunya. Beberapa hari kemarin tidak ada pembahasan tentang ini di grup WhatsApp.

Para wali murid dengan berbagai macam profesinya, sepertinya disibukkan dengan aktivitas masing-masing. Seperti halnya saya, tepat pada tanggal 25 November 2022 kemarin justru ada agenda yang tidak dapat ditinggalkan dan kebetulan bertepatan dengan hari Jum'at yang merupakan hari libur sekolah anak-anak. Akhirnya pada hari itu ucapan selamat Hari Guru hanya disampaikan melalui Grup WhatsApp sekolah.

Keberadaan guru memang sangat penting dalam kehidupan ini. Guru yang secara sederhana biasanya dipahami sebagai sebuah profesi dengan tugas mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak didik ini, tentu sangat membantu peran orang tua dalam mengawal pertumbuhan anak-anak. Tanpa bantuan guru, orang tua akan kewalahan dalam mendampingi dan mendidik anak-anaknya.

Oleh karena itulah, rasanya tidak berlebihan jika pada momen peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 November ini, para orang tua berusaha memberikan sesuatu yang berkesan untuk guru anak-anaknya. Apresiasi sederhana ini diupayakan sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih para orang tua atau wali murid kepada guru yang telah dengan tulus mau menyayangi dan mendidik anak-anaknya.

Alhamdulillah, setelah sempat tertunda beberapa hari karena menyesuaikan kegiatan guru dan hal lainnya, siang ini tanggal 1 Desember 2022 akhirnya terlaksana acara sederhana yang telah dipersiapkan dengan matang. Meskipun dalam waktu yang cukup singkat, alhamdulilah berkat kekompakan para wali murid, acara sederhana ini dapat berjalan dengan lancar dan semoga membawa keberkahan.

Selamat Hari Guru untuk seluruh pendidik baik yang tergabung dalam institusi pendidikan formal maupun non formal, semoga senantiasa berlimpah keberkahan dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan amanah mencerdaskan kehidupan bangsa. Aaamiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun