Mohon tunggu...
Anisa Afifah
Anisa Afifah Mohon Tunggu... Mahasiswa Kimia FMIPA Universitas Jember

Mahasiswa Kimia FMIPA Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN22UNEJ: Inovasi Digital Library dan Desa Literasi

12 Agustus 2020   22:51 Diperbarui: 12 Agustus 2020   22:59 18 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN22UNEJ: Inovasi Digital Library dan Desa Literasi
Gambar 1. Kegiatan Desa Literasi | dokpri

Pandemi Covid-19 kali ini menjadi polemik sendiri bagi dunia pendidikan. Siswa yang biasanya dapat melakukan pembelajaran di sekolah, kini harus duduk di rumah untuk dapat mengikuti pembelajaran secara daring melalui smartphone. Pemerintah juga telah memberi regulasi  kegiatan daring dalam pembelajaran hingga keadaan membaik dengan mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 pada tanggal 9 Maret 2020. 

Namun, bukan berarti solusi pembelajaran tersebut dapat berjalan lancar sesuai keinginan, justru kini menambah problem baru yang dikeluhkan oleh masyarakat. Keluhan-keluhan yang diutarakan siswa dan orangtua di Desa Janti tidak hanya satu atau dua, namun ada beberapa yang memang relatif menjadi penghambat kegiatan belajar daring yang dilakukan siswa. 

Sarana pembelajaran seperti smartphone memang sudah sebagian besar dikantongi oleh siswa dan orangtua, namun penggunaan dan pemanfaatan yang sesuai alur masih menjadi problem tersendiri. Kurangnya kesiapan media pembelajaran dari guru dengan hanya memberikan penugasan pengerjaan soal-soal di dalam buku penunjang setiap hari juga menjadi “momok” pembelajaran daring oleh siswa. 

Tugas yang menumpuk dan media belajar yang kurang memadai membuat siswa malas dan enggan mengembangkan diri masing-masing. Keluhan orangtua yang kurang memiliki kecakapan teknologi juga mengalami kesulitan dalam memantau perkembangan buah hatinya.

Permasalahan-permasalahan tersebut yang mendasari penulis sebagai acuan dalam pelaksanaan KKN dengan program Inovasi Pendukung Pembelajaran Anak Sekolah saat Covid-19 di Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Inovasi pembelajaran yang akan dikembangkan penulis diharapkan mampu menunjang proses pembelajaran daring siswa selama di rumah, serta membantu orangtua dalam memudahkan proses pendampingan pembelajaran. 

Kegiatan KKN Universitas Jember Back To Village di Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri mendapatkan respon positif dari masyarakat dan pemerintah desa. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 45 hari terhitung dari tanggal 1 Juli 2020 yang ditandai dengan penerjunan online secara simbolik oleh Rektor Universitas Jember. Tema KKN yang diusung yaitu Program Inovasi Pendukung Pembelajaran Anak Sekolah saat Covid-19. 

Kegiatan dibagi menjadi 7 minggu dengan rincian masing-masing kegiatan pada setiap minggunya. Logbook KKN digunakan sebagai record kegiatan tiap mahasiswa yang melaksanakan program KKN. Kegiatan pada minggu pertama dimulai dari tanggal 1 Juli 2020 hingga 7 Juli 2020, sedangkan kegiatan minggu kedua dimulai dari 8 Juli 2020 hingga 14 juli 2020. 

Kegiatan yng dilaksanakan yaitu mengurus perijinan dan administrasi di pemerintahan desa serta mengkomunikasikan program KKN yang akan dijalankan. Sasaran merupakan siswa SMP/sederajat beserta orangtua dengan latar belakang berbeda-beda. Proses pendekatan dan observasi sasaran dilakukan secara door to door, namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Pembuatan roadmap kegiatan sebagai acuan atau alur mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan KKN sesuai degan program yang diusung. 

Berita desa juga dibuat sebagai media informasi eksistensi kegiatan KKN Universitas Jember Back To Village di Desa Janti, serta sebagai wadah pengenalan program yang diusung mahasiswa untuk masyarakat. Pembuatan akun sdunej.id untuk sasaran juga bertujuan agar sasaran update akan informasi mengenai program-program KKN yang dilaksanakan. 

Pada minggu kedua juga diadakan kelas KKN di sdunej.id dan dilakukan secara offline untuk pengenalan beberapa platform media belajar online antaralain, Quipper, Edmodo, dan Zenius. Kelas KKN dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2020. Materi kegiatan berisi dekripsi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing platform media belajar online dapat didownload oleh sasaran di kelas KKN sdunej.id.

Kegiatan program KKN berlangsung pada minggu ketiga hingga minggu keenam dimulai dari tanggal 15 Juli 2020 hingga 11 Agustus 2020 dengan deskripsi kegiatan yang etrlampir pada Loogbook kegiatan mingguan. Kelas KKN kedua merupakan kelas offline yang bertujuan untuk melatih sasaran dalam pengaplikasian media belajar online sebagai penunjang kegiatan pembelajaran daring. Kelas KKN dilaksanakan pada 16 Juli 2020. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN