aniqa shifa

aku kika

Menjelajahi Pulau Jawa

18 Januari 2019   08:52 Diperbarui: 18 Januari 2019   10:14 173

Halo! namaku Aniqa Shifa dari SMP Labschool Jakarta kelas 7G. Liburan akhir tahun ini adalah liburan yang paling ditunggu-tunggu para siswa setelah melalui masa-masa Penilaian Akhir Semester 1 (PAS), liburan ini juga menyambut tahun baru 2019.

Teman-temanku pergi ke berbagai tempat, ada yang umroh, ada yang keluar negri, ada yang keluar kota, bahkan ada yang tinggal di rumah saja. Tapi liburanku sedikit berberbeda dari yang lain.

Liburanku ini berlangsung selama seminggu. Liburan kali ini aku pergi mengelilingi Pulau Jawa bersama teman-teman dari club mobil ayahku yang bernama Nissan Livina Club (NLC), sebelum itu tadinya aku ingin ke Lampung, tetapi aku mendapat kabar bahwa pada tanggal 22 Desember terjadi tsunami yang melanda Banten dan Lampung, hal itu disebabkan oleh erupsi dan longsor dari Gunung Krakatau. Tetapi kita memutuskan untuk pergi ke lain kota.

Pada hari pertama aku berangkat pada hari Jumat jam 8 malam. Tujuan pertama yaitu kita ke Karawang, 2 jam perjalanannya kesana, kita menginap hanya semalam. Besoknya kita pergi ke Surabaya, sekitar 5 jam perjalanannya, disana semalam juga.

Setelah itu jalan-jalan kuliner dan lanjut ke Banyuwangi, disana selama 2 jam. Kali ini di Banyuwangi kita menginap selama 2 hari di Ibis. kita sampai disana sekitar jam 2 siang. Awalnya kita akan pergi ke Kawah Ijen, tempat itu adalah untuk mendaki gunung dan melihat kawah gunung dengan api yang berwarna biru.

Pada hari keduanya di Banyuwangi nkita check out dan lanjut ke Pelabuhan Ketapang, tapi sebelumnya kita mampir ke berbagai tempat untuk membeli oleh-oleh. Kita ke Pelabuhan Ketapang untuk menyebrang ke Bali. Jadi sebenarnya liburanku tahun ini itu tujuannya ke Bali tetapi karena ini touring, mengendarai mobil, dan bersama banyak teman.

Kita masuk ke kapal pada jam 10 pagi. Perjalanan menyebrang ini hanya 30 menit lamanya. Selama perjalanan aku dan teman-temanku hanya memandangi lautan yang luas di paling depan.

Sampai di Pelabuhan Gilimanuk, menunggu untuk pintu atau gerbang kapalnya dibuka aku masuk ke mobil. Keluar dari kapal kita langsung sholat zuhur dan lanjut kuliner mengelilingi Bali. Selesai kita langsung mengarah ke hotel Ibis juga.

Hari pertama di Bali kita ke Garuda Wisnu Kencana atau biasa disebut GWK. Itu adalah patung terbesar di Indonesia. Setelah itu kita lanjut kuliner dan membeli pernak-pernik lucu. Aku membeli Gelato, celana-celana Bali dan dream catcher.

Gelato disana sangat enak dan memiliki berbagai bentuk dan rasa. Ada yang es krimnya di roll ada juga yang bentuk biasa. Tidak banyak yang aku beli pada hari itu, sedangkan teman-temanku membeli tas yang berbentuk bulat, tas itu adalah hasil anyaman orang-orang yang menjualnya, tas ini juga memiliki banyak warna serta gambar-gambar yang lucu.

Keesokan harinya, kita pergi ke tanah lot, tempat wisata ini adalah salah satunya yang popular di Bali, Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.