Mohon tunggu...
ANINDYA NUGRAHA PUTRI
ANINDYA NUGRAHA PUTRI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Semangat trusss

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

[Kreanova] Gorengan Selada, Sudah pada Coba?

29 November 2021   03:36 Diperbarui: 29 November 2021   07:03 111 6 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Daun selada merupakan daun yang biasa disantai sebagai lalapan, pernah kah terfikir selada dapat dijadikan gorengan ? Yak selada goreng. Selada yang digunakan pada selada goreng ini tidak menggunakan selada pada umumnya melainkan selada air. Selada air ( Nasturtium officinale ) biasa digunakan sebagai sayuran, salad, bahkan isian roti. Selada air memiliki sumber vitamin yaitu vitamin A dan C yang baik, menggandung niasin, asam askoebat, tiamin, dan zat besi. Selada air memiliki kandungan phenetyl isothiocynate yang berperan sebagai antikanker. Selain sebagai anti kanker, selada air juga dapat menangkal radikal bebas, membantu memperbaiki kerusakan dan sintesis DNA karena ada kandungan senyawa isotiosinat, kaemferol glikosida dan 1-triptofan. Selada air dapat menambah kecukupan gizi pada tubuh karena selada air memiliki 17 kalori energi, 2,2 gr karbohidrat, 3,1 gr protein, dan 0,7 gr serat disetiap 100 gr selada air. Selain itu juga ada kandungan vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, seng, vitamin B, C serta K.

Seperti yang telah disampaikan bahwa selada air dapat mencegah radikal bebas karena kandungan antioksidan pada selada air cukup tinggi. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang bertugas melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, apabila terlalu banyak terkena radikal bebas maka akan menimpulkan penyakit bahkan sampai penyakit kronis yang berbahaya. Selain menangkal radikal bebas, anti kanker, selada air juga dapat menurunkan tekanan darah. Selada air mengandung nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah serta memperlancar sehingga dapat meredakan berangsurnya tekanan darah tinggi menjadi normal. Selada air juga baik untuk tulang, karena kandungan vitamin K, kalsium, magnesium, dan fosfor yang ada pada selada air. Vitamin A bahkan vitamin C yang terkandung pada selada air juga berfungsi untuk kesehatan mata, bahkan dapat menurunkan resiko katarak. Pada selada air ada kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah perkembangan penyakit degenerasi macula atau gangguan yang mempengaruhi kemampuan melihat.

Setelah diketahui manfaat dari selada air atau jembak, apakah masih ragu untuk mengkonsumsi. Apalagi selada air atau jembak dapat diolah menjadi gorengan yang sebagian besar orang menyukai. Ayok makan selada air yang memiliki banyak manfaat dan juga dapat diolah menjadi berbagai olahan.

Terimakasih.

Daftar Pustaka :

Ani Mardatila . 2021 . 5 Cara Membuat Olahan Selada Air yang Mudah Dicoba di Rumah dan Disukai Anak . https://www.merdeka.com/sumut/5-cara-membuat-olahan-selada-air-yang-mudah-dicoba-di-rumah-dan-disukai-anak-kln.html (29 November 2021)

Dewi Rahmayani Rahman., dkk . 2017 . Potensi Selada Air (Nasturtium officinale R. Br) Sebagai Antioksidan dan Agen Antiproliferasi Terhadap Sel MCF-7 Secara In Vitro . Jurnal Gizi Pangan, 12(3) : 217 – 224

Karinta Ariani Seiaputri . 2020 . 6 Khasiat Baik yang Bisa Anda Peroleh dari Daun Selada Air . https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/rangkaian-manfaat-selada-air/ (29 November 2021)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan