Mohon tunggu...
Aninda DwiPrastiti
Aninda DwiPrastiti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswi

Saya seorang mahasiswi Psikologi yang suka memasak dan sedang mencoba belajar untuk menulis sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Parenting Gratis oleh Biro Psikologi Nuha Solution

12 September 2022   17:00 Diperbarui: 12 September 2022   17:04 179 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parenting Gratis oleh Biro Psikologi Nuha Solution

Pengabdian adalah bentuk dari dukungan yang diberikan kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Pengabdian dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan berbagai jenis, seperti salah satu pengabdian yang dilakukan oleh pendiri biro psikologi Nuha Solution yakni Annies Rachmawati dan Ahmad Sulaiman Jazuli. Beliau adalah sepasang suami istri lulusan psikologi yang mendirikan biro Psiklogi Nuha Solution yang memiliki program layanan khusus yang berbasis pengabdian, yakni layanan berbagi ilmu tentang parenting yang dikemas dalam bentuk seminar dan diskusi gratis. Kegiatan ini sebagai salah satu pengabdian yang dilakukan mereka. Kegiatan ini juga didasari rasa kemanusia dan kepedulian mereka kepada dunia Parenting serta dunia pendidikan anak

Kegiatan ini biasanya diminati oleh kalangan instansi sekolah maupun kelompok-kelompok dimasyarakat. Kegiatan Parenting Gratis, untuk saat ini hanya berfokus disekitaran wilayah Soloraya saja. Dalam parenting gratis ini pihak biro Nuha Solution tidak memungut biaya atau gratis dengan syarat dan ketentuan. Salah satu kegiatan parenting gratis tergambar pada kegiatan Sosialisasi Parenting yang diadakan di PAUD Bintang Utama 1, Dawung Masaran, dengan tema “Orang Tua Sahabat Anak”. Kegiatan tersebut belangsung pukul 08.00-10.00 wib. Dalam layanan Parenting Gratis ini biasanya pihak biro memfasilitasi durasi kegiatan parenting kurang lebih 2 jam. 

Kegiatan sosialisasi Parenting dengan tema “Menjadi Sahabat Anak”, diikuti oleh para orang tua siswa dan siswi disana, terkhusus untuk para ibu. Dalam kegiatan tersebut tidak hanya melibatkan orang tua saja namun, anak-anak juga diajak untuk bermain dan belajar serta mendengarkan dongeng bersama para fasilitator dari biro Psikologi Nuha Solution. Tak jarang pihak biro mengajak para mahasiswa muda untuk mengisi dan menjadi fasilitator dalam berbagai kegiatan parenting. Jika dilihat dari bentuk kegiatannya, kegiatan ini akan sangat membantu dan membangun wawasan orang tua maupun masyarakat tentang pentingnya seluk beluk memahami dunia parenting dan pendidikan anak sejak dini. Seperti tema acara tersebut yakni menjadi sahabat untuk anak. Orang tua sejatinya memanglah orang tua, namun dalam perkembangan seorang anak, menjadi orang tua untuk anak tidaklah cukup untuk memahami apa yang mereka rasakan, apa yang mereka ingin ketahui dan apa yang ingin mereka lakukan.

Parenting Gratis oleh Biro Psikologi Nuha Solution
Parenting Gratis oleh Biro Psikologi Nuha Solution

Menjadi teman untuk anak,adalah salah satu cara orang tua untuk membangun dan memperkuat bonding kepada anak, sehingga timbul rasa percaya pada anak untuk mengutarakan atau mengatakan sesuatu kepada kita para orang tua. Dalam sosialisasi ini orang tua sejatinya bisa menjadi sahabat, teman layaknya teman mereka diluar sana, yang dapat menjadi tempat untuk bercerita, membicarakan banyak hal tentang dunianya dan segala sesuau yang dirasakan, bahkan dapat menjadi tempat yang penuh kehangatan ketika anak butuh tempat untuk berkeluh kesah tanpa rasa canggung dan takut. Biro psikologi Nuha Solution juga ingin para orang tua lebih peduli tentang bagaimana mengasuh anak tanpa anak merasa seperti didekte atau diatur. Dengan adanya program kegiatan parenting gratis ini,  dimaksudkan agar masyarakat lebih peduli dengan hal tersebut, serta dapat mengajak dan memotivasi masyarakat dan lembaga-lembaga terkait untuk memberikan dan berbagi ilmu mereka sebagai tanggung jawab moral pada masyarakat. 

Parenting Gratis oleh Biro Psikologi Nuha Solution
Parenting Gratis oleh Biro Psikologi Nuha Solution

Terimakasih sudah membaca tulisan ini semoga bermanfaat -

Dibuat Oleh: Aninda Dwi Prastiti - Mahasiswa Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan