Mohon tunggu...
Ki Suki
Ki Suki Mohon Tunggu... Seorang yang suka menulis dan menggambar.

Hidup ini selalu indah saat kita bisa melihatnya dari sudut yang tepat, sayangnya seperti melihat sebuah kubus kita hanya mampu melihat paling banyak tiga sisi dari enam sisi yang ada.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Masjid Namira, Ibadah Sekaligus Wisata di Lamongan

2 Agustus 2019   16:30 Diperbarui: 2 Agustus 2019   16:57 0 1 1 Mohon Tunggu...
Masjid Namira, Ibadah Sekaligus Wisata di Lamongan
Masjid Namira di Lamongan

Masjid Namira di Lamongan sempat viral beberapa waktu yang lalu. Selain bangunan masjidnya yang fenomenal, kegiatan masjid yang ada di kota santri Lamongan ini juga tak kalah menarik untuk dinikmati. Terlebih di waktu-waktu khusus seperti bulan Ramadhan, kegiatannya semakin menyedot banyak perhatian masyarakat. 

Kesan pertama ketika sampai di Masjid Namira adalah kesan bangunan yang unik dan berbeda dengan masjid yang lain dengan jumlah orang yang seakan mengalir tiada berhenti. Masjid ini sepertinya sengaja dibangun dengan konsep ibadah dan wisata. Pertama suasananya memang membuat orang betah. Ada suasana timur tengah dan ada juga suasana lokal yang kental. Keduanya dikemas secara apik dan manis menjadi sebuah kesan yang membuat orang merindukannya.

Kolam ikan tempat anak-anak bergembira di masjid Namira
Kolam ikan tempat anak-anak bergembira di masjid Namira
Bangunan masjidnya sebenarnya hampir sama dengan masjid yang lainnya, tetapi pengaturan layout dan fungsionalnya dibuat unik. 

Pertama lorong atau hall luar masjid memang dibuat luas sehingga pengunjung bisa istirahat dengan tenang. Banyak tempat yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak melepas penat. Juga ada kolam ikan yang membuat anak-anak betah bermain di masjid ini. Orang tuanya bisa ibadah dan istirahat, anak-anaknya bergembira.

Interior Masjid Namira
Interior Masjid Namira
Bagian dalam masjid juga dibuat sedikit berbeda yaitu dibagi dengan tiga bagian. Bagian depan untuk tempat ibadah pria, bagian belakang untuk tempat ibadah wanita dan bagian tengah untuk bersantai atau mungkin ingin memotret bersama teman atau keluarga. 

Ada sekat yang memisahkan setiap bagiannya. Jadi setelah atau sebelum ibadah, kita bisa bersantai sambil berfoto dengan latar belakang interior masjid yang di tata sangat bagus. Ini seakan menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara ibadah dan wisata. Kita bisa berwisata dengan ibadah, atau beribadah sambil wisata.

DOKUMENTASI PRIBADI
DOKUMENTASI PRIBADI
Untuk pengujung dari luar kota, tentunya akan mencari tempat untuk mengisi perut baik sebelum atau sesudah beribadah di Masjid Namira. Tidak perlu khawatir, di sekitar Masjid Namira banyak sekali warung-warung yang menyajikan kuliner yang beragam termasuk kuliner khas kota Lamongan seperti soto dan nasi Boranan. Kalau tidak mau makanan berat, ada juga bakso dan jajanan. Harganya juga sangat terjangkau, mengingat harga makanan di kota Lamongan memang tergolong murah.

Sekarang Masjid Namira menjadi salah satu ikon wisata di kota Lamongan. Jadi kurang lengkap rasanya kalau kita tidak mengunjunginya saat berwisata ke Lamongan. Lebih dari itu, untuk umat muslim, kita bisa berwisata sambil menunaikan ibadah. Tentu menjadi hal yang menyenangkan.

Ditulis oleh: Ki Suki
Foto-foto adalah koleksi pribadi

KONTEN MENARIK LAINNYA
x