Mohon tunggu...
Ki Suki
Ki Suki Mohon Tunggu... Seorang yang suka menulis dan menggambar.

Hidup ini selalu indah saat kita bisa melihatnya dari sudut yang tepat, sayangnya seperti melihat sebuah kubus kita hanya mampu melihat paling banyak tiga sisi dari enam sisi yang ada.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Bermain-main Fotografi dengan Bola Bekel

22 September 2015   18:14 Diperbarui: 22 September 2015   18:23 216 5 4 Mohon Tunggu...

Bola bekel adalah benda yang menyenangkan buat anak-anak, khususnya anak-anak perempuan. Saat mereka melihat bola bekel, tentu bola mata mereka berbinar untuk memegang dan mencoba memainkannya dengan memantul-mantulkannya ke lantai. Mereka bisa duduk berlama-lama sambil bermain. Permainannya berkelompok.

Namun bagi orang dewasa, mungkin bola bekel dipandang sebagai benda yang biasa-biasa saja. Meskipun bola bekel yang ada saat ini dibuat semenarik mungkin. Bahkan saat ini di dalam bola bekel ada boneka 3D yang lucu-lucu. Namun mungkin memang setiap usia punya cara tersendiri untuk bermain.

Saat melihat boneka-boneka 3D yang lucu, terlintas di dalam pikiran kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk bermain lebih asyik. Kalau difoto, bagaimana bisa mendapatkan efek yang unik dan menarik. Boneka 3D di balik lapisan karet bening dan cahaya lampu ternyata bisa dimainkan. Jadi deh!

Pertama, saya siapkan kamera, filter dan lampu yang cukup untuk menerangi. Kedua, bola bekel diletakkan dengan posisi yang berbeda-beda untuk mendapatkan efek pencahayaan dan efek 3D yang menarik. Kebetulan ada modul tentang sifat-sifat cahaya, mending dicoba satu-satu. Kalau tidak salah cahaya itu kan bisa membias, memantul, menembus benda bening, menyebar dan mengumpul. Ketiga tidak lupa jepret. Terakhir, proses editing. Ya, meskipun hanya editing dasar, tetapi editing tetap penting untuk menaikkan kualitas dan memberikan efek tambahan.

Pantulan cahaya dan bayangan bola bekel ternyata memberikan efek 3D yang indah. Warna-warna bola bekel dipadu dengan warna cahaya dan filter mampu menghasilkan suasana imajinasi yang tidak mudah dituliskan dengan kata-kata. Warna bekel merah dan kuning, dengan cahaya spot berwarna putih dibalut dengan filter putih biru menghasilkan foto yang tidak biasa.

Peletakan bola bekel, sudut pengambilan foto dan peletakan cahaya mempertimbangkan karakter 3D yang ada di dalam bola bekel. Jadilah foto dengan menampilkan efek 3D dari boneka yang ada di dalam bola bekel. Efek cahaya bisa dibuat untuk menghasilkan efek yang artistik.

Kadang-kadang benda yang sederhana bisa menjadi ide yang menarik. Setelah itu tinggal kita mau atau tidak untuk mengubah ide menjadi sebuah hasil karya.

------
Ditulis oleh Ki Suki
Foto-foto adalah koleksi pribadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x