Mohon tunggu...
Amalia anggunasmawati
Amalia anggunasmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa

📚

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Resume Webinar (Amalia Anggun)

26 Oktober 2020   08:03 Diperbarui: 26 Oktober 2020   08:12 7 2 0 Mohon Tunggu...

Kepelabuhanan : segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan.

Peran Pelabuhan
Sebagai sub. Sistem terhadap Pelayaran (Ship Follows The Trade), sehingga Pelabuhan menjadi salah satu unsur penentu terhadap aktivitas perdagangan.
Pelabuhan berperan sebagai "focal point" bagi perekonomian maupun perdagangan, dan menjadi kumpulan badan usaha, pelayaran dan keagenan, pergudangan, Freight Forwading, angkutan darat, dls.

Fungsi Pelabuhan
GATEWAY
berawal dari kata pelabuhan atau port yang berasal dari kata lain porta, dengan makna sebagai pintu gerbang atau gateway.
LINK
pelabuhan versi UNCTAD berfungsi sebagai mata rantai (Link) yang menjadi penghubung rangkaian transportasi.
INTERFACE (ANTAR MUKA)
Barang muatan yang diangkut via maritime transport, setidaknya melintasi area pelabuhan dua kali (satu di pelabuhan muat dan satu lagi di pelabuhan bongkar).
INDUSTRIAL ENTITY
Pelabuhan yang diselenggarakan secara baik akan bertumbuh dan akan menyuburkan bidang usaha lain, sehingga area pelabuhan menjadi zona industry terkait dengan kepelabuhanan.

MACAM PELABUHAN
Pelabuhan dapat dibedakan menjadi beberapa macam, tengantung pada sudut tinjaunnya, yaitu :
Segi penyelengaraannya,
Segi pengusahannya,
Fungsi dalam perdagangan nasional dan internasional,
Segi kegunaan,
Letak geografisnya.

Ditinjau dari segi  penyelelenggaraannya
Pelebahuan Umum
Diselenggarakn untuk kepentingan pelayaran umum.
Pelabhuan khusus
Diselenggarakn untuk kepentingan sendiri, guna menunjang kegiatan tertentu.

Ditinjau dari segi pengusahaannya
Pelabuhan yang diusahakan :
Sengaja diusahakan untuk memberikan fasilitas yang deperlakukan oleh kapl yang memasuki pelabuhan untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang, menaik turunkan penumpang serta kegiatan lainnya.
Pelabuhan yang tidak diusahakan
Hanya untuk singgah kapal, tanpa fasilitas bongkar muat, Bea dan Cukai, dan lain sebagainya.

Fungsi perdagangan Nasional dan Internasional
Pelabuhan Laut
Melayani angkutan laut dan angkutan penyebrangan.
Pelabuhan sungai dan danau

Hierarki Pelabuhan :
Pelabuhan Utama
Pelabuhan Pengumpul
Pelabuhan Pengumpan Regional dan Pengumpan Lokal

Ditinaju dari segi penggunaannya
Pelabuhan Ikan
Dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan penangkapan ikan dan kegiatan-kegiatan lainnya.
Pelabuhan minyak
Untuk menjaga keamanan, pelabuhan ini diletakkan agak jauh dari keperluan umum. Bongkar muat dilakukan dengam pipa-pipa dan pompa-pompa.
Pelabuhan Barang
Barang-barang ditempatkan di gudang/lapangan penumpukan sebelum dimuat ke kapal/diangkut ke pelabuhan lain.

Kompetensi Baru Yang Dibutuhkan

Ilmu Data -- Data Besar
Rantai Pasokan dan Rantai Logistik Pengelolaan

ADMINISTRATION dan MANAGEMENT

Administrasi, yaitu Kebijakan perusahaan
Koordinasi produksi, keuangan dan distribusi
Penyelesaian organisasi, dan
Control akhir dari eksekutif

Management, yaitu Kebijakan dalam batasan yang ditetapkan oleh administrasi, dan penggunaan organisasi untuk objek tertentu yang ditetapkan sebelumnya.

Saat ini berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital sebagai wahana interaksi dan transaksi.
Berbagi ekonomi (online)
e-Education
e-Government
kolaborasi cloud
market place
layanan kesehatan
manufaktur cerdas
kota pintar
perakitan cerdas

INDUSTRI
Otomatis dibantu robot
Printer 3 dimensi
Internet untuk segala hal (IoT)
Data segala hal (data of things)

Optimisme Pendidikan dan Karir Bisnis Logistik dan Kepelabuhuan

Transformasi digital mengguncang dunia dan membawa pada Resolusi industry ke-4

Revolusi Industri -1 ( Abad 18): Mesin uap menggerakkan industry
Revolusi Industri -2 ( Abad 19): Tenaga listrik mengubah industry
Revolusi Industri -3 ( Abad 20): TI, Komputasi dan Komunikasi
Revolusi Industri -4 ( Abad 21): Sistem cerdas ; Al, IoT, BigData, etc

OPTIMISME PENDIDIKA & KARIER BISNIS MARITIM PASCA COVID-19

Visi : Menjadi Smart Operator Pelabuhan Bersekala Dunia

Misi:
Menciptakan niali tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder
Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisnis di pelabuhan melalui digitalisasi dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG)
Menciptakan solusi bisnis yang cerdas melalui integrase dan kerjasama dengan mitra strategis
Membangun dan memperluas jaringan bisnis domestic dan internasioan

Budaya: "AKHLAK" Amanah, Harmonis, Kompeten, Loyal


One Stop Services Jasa Kepelabuhanan

Online Booking
Pengajuan layanan kapal (tambat, pandu, tunda), bongkar muat cargo & petikemas hingga layanan depo petikemas.

Online Meeting
Pelayanan perencanaan kapal dan barang dapat dilakukan tanpa tatap muka namun melalui portal IBS.

Self Service Activity
Realtime track & trace kegiatan kepelabuhanan, cetak nota hingga pendaftaran pelanggan baru secara mandiri.

Online Customer Care 24/7
Keluhan dapat disampaikan secara online atau menggunkan hotline keluhan pelanggan (bebas pulsa).

Online Payment
Pembayaran melalui portal pelanggan maupun ATM & iBangking menggunakan kode billing.



(One Stop Services layanan kepelabuhanan kepada seluruh pelanggan secara online 24/7 melalui web & mobile, untuk mengurangi kegiatan tatap muka pelanggan dengan petugas oprasional)


Inovasi Bidang SDM

Digitalisasi Pengelolahan SDM
Rekrutmen dilakukan secara online
Pengelolaan karir, talenta dan pengembangan SDM dilakukan melalui ITMS (Integrated Talent Managemenet Sysmen) dan LMS (Learning Managemenet System)
Pengelolaan administrasi SDM dilakukan melalui SAP
Pengelolaan kinerja dilakukan secara online

Presensi Online
Presensi online bisa dilakukan melalui perangkat (gadget) masing-masing pegawai sehinga meminimalisir risiko penularan penyakit akibat sentuhan pada perangkat yang sama.

Pemesanan Makanan Kantin Online
Untuk mengurangi kerumunan di tempat umum, pegawai dapat melakukan pemesanan makanan secar online dan diantar ke tempat kerja masing-masing.

Virtul Meeting
Layanan rapat secara online menggunakan fasilitas video conferece.

Manajemen Surat Dinas Online
Proses pembuatan hingga approval dan disposisi dilakukan melalui aplikasi untuk meminimalisir tatap muka dan pergerakan dokumen fisik.

Fit to Work Self Assesmen dan Penerapan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) di Kantor
 Pengukuran tingkat kesehatab pegawai secara mandiri melalui aplikasi MyPelindo sebagai upaya deteksi dini.
Pegawai diwajibkan mamtuhi protocol Kesehatan new normal.

Inovasi Bidang Pelabuhan Komersial

Early Stack
Perubahan masa open stack kapal dari 3 hari menjadi 5 hari
Pola ini memberikan efesiensi biaya sebesar 60% karena petikemas ekspor dari pabrik langsung ke Terminal Petikemas.

Empty Impor
Mengubah masa penumpukan petikemas empty impor dari 3 hari menjadi 7 hari.
Masa 1 dihitung tujuh hari pertama.
Untuk hari ke 8 dan seterusnya dikenakan tarif tetap yang dihitung per hari sebesar tariff masa satu yang berlaku
Pola ini memberikan efisiensi biaya sebesar 44% karena eksportir dapat langsung mengambil petikemas ke terminal untuk dibawa ke pabrik.

Transhipment Antar Terminal
Menurunkan baiaya terminal handing charge (CHC) petikemas domestic khususnya di Pelabuhan Tanjung Perak
Kesepakatan antara Pelindo III dan Perusahaan Pelayaran, Discount Tarif Transhipent ditetapkan sebesar 35% dari taris paket bongkar muat.

Tantangan Pasca Covid-19 bagi Industri Pariwisata
TG. PERAK
Terminal Penumpang dapat menampung 3.000 orang untuk  mendukung pariwisata di Jawa Timur.
TANJUNG EMAS
Peninggian Dermaga sepanjang 300m, Pendalaman Alur dan Kolam Pelbuhan, untuk mendukung pariwisata di Jawa Tengah.
BENOA
Pengembangan Pelabuhan Benoa sebagai Tourism Hub Port (2020-2023)
GILIMAS
Pengembangan Terminal Gilimas untuk mendukung Mandalika sebagai 1 dari 10 "New Bali" yang digagas Presiden Jokowi.
LABUAN BAJO
Mendukung pengembangan wisata si Indonesia Timur (NTT).

Pengembangan Pelabuhan Beno sebagai Maritim Tourism Hub
STAGE 1 (2020-2021)
Pembangunan Yacht Club
Kerjasama Pemanfaatan Fasilitas Curah Cair Dengan PT Pertamina
Beautifikasi Lansekap Eksisting
Pengeluaran Alur dan Kolam Pelabuhan

SATGE II (2022-2023)
Pengembangan Terminal Cruise Timur dan Selatan
Daily Cruise
Fasilitas Penunjang Priwisata
Relokasi dan Pembangunan Fasilitas LNG PT. Pel.

Kontribusi Soft Skills Pada Dunia Kerja & Apa Yang Diperoleh Di Perguruan Tinggi

Component Of Succes: Technical(20%)
Mindseet(80%)

Our Education System:Softskills(10%)
Hardskills(90%)

SIKAP
Sikap sebagai point utama (Pekerja dengan kepribadian yang baik memiliki kemungkinan sukses lebih besar, hasil riset di Amerika)

SUKSES adalah 99% SIKAP dan 1% BAKATA
Humble ( Rendah hati, memiliki spiritual quotlent yang tinggi, Tidak sombong walaupun berprestasi )
Persistence ( Rajin, Bekerja Keras, Mencari Solusi )
Resilience (Tahan banting, memiliki daya juang dapat Bangkit dari kegagalan )

"Penguasaan konsep akan menentukan efektifitas penyampaian pesan. Desain yang cerdas dan unik dihasilkan pemahaman atau konsep desain"

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x