Mohon tunggu...
Anggi Wulandari
Anggi Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa UNDIP

Anggi Wulandari mahasiswa UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Mahasiswa Undip Menyaksikan Kelurahan Kalicari Bedah Rumah Warga

8 Agustus 2020   17:14 Diperbarui: 8 Agustus 2020   17:05 8 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Menyaksikan Kelurahan Kalicari Bedah Rumah Warga
Dok. pribadi

Semarang, 18/07/2020, Demi mencegah adanya penyebaran Virus Covid-19 yang mendunia, Kelurahan Kalicari melaksanakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi warganya yang memiliki rumah tidak layak huni (RTLH). Program ini merupakan upaya pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mewujudkan warganya untuk menerapkan gaya hidup sehat dan tinggal di rumah yang layak.

Program BSPS dilakukan dengan skema Padat Karya Tunai demi mempertahankan daya beli masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di tengah kondisi ekonomi yang sedang tidak baik, sebagai akibat dari Pandemi Covid-19. Sebanyak dua puluh unit RTLH di Kelurahan Kalicari, Kec. Pedurungan, Kota Semarang akan diperbaiki. Masing-masing dari warga yang berhak mendapatkan bantuan akan menerima dana sejumlah Rp 15 juta untuk material bangunan serta Rp 2,5 juta untuk membayar tukang. 

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Sosialisasi mengenai program telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 9 Juli 2020 di Balai Kelurahan Kalicari dan diikuti oleh seluruh warga yang berhak menerima bantuan. Selain sosialisasi, pada kesempatan yang sama dilaksanakan juga pemilihan panitia pelaksanaan program yang beranggotakan warga itu sendiri, hal ini didasari atas perwujudan slogan "Dari Rakyat Untuk Rakyat". Maka, warga yang berhak mendapatkan bantuan diharapkan dapat secara aktif saling membantu dan bergotong-royong demi kelancaran program tersebut.

Kepanitiaan yang telah terbentuk diberi nama "Kalicari Hebat!". Warga berharap dengan adanya bantuan ini, tempat tinggal mereka menjadi layak huni. Sejumlah enam orang mahasiswa UNDIP yang sedang melaksanakan KKN Periode II Tahun 2020 ikut menyaksikan secara langsung sosialisasi dan pembentukan panitia program BSPS tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x