Ada 6 pokok bahasan diantaranya
1. Hakika Evaluasi
Evaluasi dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah evaluation, hakikat evaluasi dalam kegiatan dan proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan.
Sedangkan menuru John W. Best (1977:13) Evaluasi berkenaan dengan suatu penerapan yang segera harus dilakukan untuk mengungkapkan mutu hasil, proses, atau program pendidikan tertentu yang telah disepakati dan ditentukan tujuan atau nilainya.
Jadi bisa disimpulkan Evaluasi merupakan proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu ( tujuan,kegiatan,keputusan,unjuk kerja,proses,orang,maupun objek )berdasarkan kriteria tertentu.
2. Asas EvaluasiÂ
- Â Asas Komprehensif atau Asas Keseluruhan.
- Asas Kesinambungan atau Asas Kontinuitas.
- Asas Objektivitas.
3. Fungsi EvaluasiÂ
Berdasarkan UU RI Sisdiknas No.20 Tahun 2003 pasal 58 ayat 1 bahwa evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan untuk membuat proses, kemajuan, dan perkembangan hasil belajar peserta didik berkesinambungan.
Sedangakan menurut Jahja Qohar fungsi evaluasi dilihat dari :
- Sisi peserta didik.
- Segi program pengajaran.
Fungsi evaluasi pembelajaran yang dikemukakan secara umum antara lain :
- Penilaian berfungsi selektif.
- Penilaian bersifat diagnotie.
- Penilaian berfungsi sebagai penempatan.
- Penilaian berfungsi sebagai pengukur keberhasilan.
4. Tujuan EvaluasiÂ