Mohon tunggu...
Anggana Respati Lugina
Anggana Respati Lugina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hidup untuk berpetualang, berpetualang untuk hidup

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang Saat Masa Pandemi

14 November 2021   21:27 Diperbarui: 17 November 2021   14:30 290 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kenampakan Gunung Sindoro via Sigedang (dok. Mapagama) 

Aktivitas pendakian gunung kembali diperbolehkan oleh pemerintah dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ada. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi para penggiat alam untuk kembali berkegiatan setelah beberapa bulan harus terhenti sementara. Salah satu gunung yang telah dibuka dan dapat menjadi referensi bagi para penggiat alam adalah pendakian Sindoro via Sigedang.

Jalur Sigedang termasuk jalur yang cenderung sepi dibandingkan beberapa jalur pendakian Sindoro lainnya. Letak lokasi yang berada di sebelah utara gunung Sindoro dan sedikit jauh dari perkotaan membuat jalur ini tidak sepopuler jalur lainnya. Meskipun tidak sepopuler jalur lainnya, tetapi jalur ini menawarkan pemandangan yang tidak kalah menarik dengan jalur - jalur lainnya.   

Pendakian dapat dilakukan dengan menuju basecamp yang berada di Jl. Tambi, Sigedang, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Kondisi basecamp sendiri sangat nyaman dan memadai. Tempat parkir dan area istirahat yang luas dengan hamparan tikar dan MCK yang bersih membuat pendaki yang akan melepas penat sebelum/setelah pendakian akan merasa nyaman.

Setibanya di basecamp, pihak pengelola akan meminta kepada calon pendaki untuk menunjukan sertifikat vaksin dan mengurus perizinan pendakian. Untuk simaksi, pendaki cukup membayar sebesar Rp25.000,00 dan untuk biaya parkir mobil cukup membayar sebesar Rp20.000,00. Terdapat pengecekan logistik sebelum dan setelah pendakian oleh pihak pengelola untuk memastikan tidak ada sampah yang tertinggal di gunung. Pendaki juga dipastikan dalam kondisi fit dan tidak menunjukan gejala Covid-19. 

Pendakian 

Basecamp -- Pos I

Kondisi Jalur Sepanjang Kebun Teh (dok. Mapagama)
Kondisi Jalur Sepanjang Kebun Teh (dok. Mapagama)

Jalur pendakian dimulai dengan melewati jalan aspal dan terdapat ladang warga di kanan kiri jalur. Memasuki area perkebunan teh hingga pos I  jalur cukup landai dan melewati jalan setapak. Untuk estimasi waktu pendakian sekitar 20 menit.

Pos I – Pos II

Kondisi Pos I (dok. Mapagama)
Kondisi Pos I (dok. Mapagama)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan