Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang | Teruslah jalan ke depan dan jangan berhenti di tengah jalan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Sulit Bangun Pagi? Lakukan Cara Ini!

9 Juli 2022   19:29 Diperbarui: 9 Juli 2022   19:37 66 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mungkin banyak dari kita yang ingin sekali dapat bangun pagi dan lebih awal setiap hari. Tapi pastinya dibalik itu semua ada saja kalanya kita bangun kesiangan, dan tentunya ini akan menjadi tidak baik untuk diri sendiri apabila terus menerus seperti itu. 

Dan kita seperti merasa bersalah ketika bangun kesiangan lalu cerewet pada diri sendiri seperti "aduh kenapa sih gue bangun kesiangan terus! Udah setel alarm jam 5 pagi malah tidur lagi!..." atau mungkin seperti ini "kapan sih gue bisa bangun lebih awal! Mesti selalu aja kesiangan kan gua harus ngantor, kerja tetep aja kesiangan... sebel!".

Pastinya jika sudah seperti itu kita jadi rebut sendiri bagaikan menunggu sesuatu namun tak kunjung datang. Jujur saja saya juga mengalami hal serupa, namun bagaimana caranya harus saya hilangkan kebiasaan bangun kesiangan. Mungkin cara-cara berikut dapat kita lakukan demi mengatasi bangun kesiangan dan selalu bangun pagi / lebih awal.

Cara pertama adalah saat hendak tidur malam, pastikan jangan mengonsumsi kopi dan makan terlalu banyak apalagi makan nasi. Mengapa begitu? Karena pada malam hari adalah waktunya otak untuk istirahat sehingga daya energi sudah berkurang dan sering sekali menguap (mengantuk). 

Maka itu makanlah secukupnya saja, mungkin tidak makan nasi pada malam hari adalah pilihan yang tepat dan bisa diganti dengan makan yang lain namun jangan berlebihan. Contohnya makan sayur-sayuran, buah-buahan seperti pisang untuk membantu tidur kita lebih cepat. Tapi jika ingin makan nasi beserta lauk silakan saja, asal jangan terlalu banyak karena memang malam hari tubuh kita tidak memerlukan energy yang banyak.

Berikutnya cara yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga selama kurang lebih 10-15 menit. Jika kita kesulitan untuk tidur malam, maka cara ini juga bisa dicoba. Olahraga seperti push-up, sit-up, jumping jack, dan lainnya yang jelas bisa dilakukan dengan mudah dirumah. 

Tidak perlu sampai lari-lari. Sehingga dengan olahraga tubuh akan berkeringat dan biasanya rasa lelah dan mengantuk cepat muncul. Atau mungkin melakukan yoga yang bertujuan untuk meditasi dan menenangkan pikiran, ini juga dapat membuat otak cepat lelah dan kita bisa tertidur lebih cepat.

Selanjutnya ketika kita ingin tidur usahakan handphone jauh dari tempat tidur kita dan janganlah bermain handphone saat ingin tidur. Justru cara ini adalah yang paling baik ya, Karena jaman sekarang kebanyakan orang bermain handphone dulu sebelum tidur. 

Entah apa yang dicari, mungkin scrolling sosmed, nonton video, chattingan, banyak lainnya. Jadi jika kalian punya kebiasaan ini harus bisa dihindari, karena ketika sudah malam dan di tempat tidur otak sudah siap untuk beristirahat. Jika bermain handphone maka itu akan membuat otak menjadi bekerja kembali.

Kemudian, cobalah untuk tidak tidur di tempat tidur. Mengapa begitu? Karena tempat tidur adalah tempat yang paling nyaman untuk kita tidur, karena beralaskan Kasur empuk yang tebal, sehingga membuat kita sulit untuk beranjak darinya ketika sudah waktunya bangun di pagi hari. Jadi kalau boleh saya sarankan carilah tempat yang kurang nyaman untuk tidur, seperti di sofa, menggelar tiker/karpet di lantai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan