Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang, teruslah menatap ke depan demi masa depan yang cemerlang...

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

427 Kalori, Dua Kali Sesi Cardio

30 Oktober 2018   19:16 Diperbarui: 30 Oktober 2018   19:56 353
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://blog.nasm.org

Capek sekali rasanya ya jika kita disuruh olahraga apalagi lari, yang membutuhkan banyak tenaga dan usaha untuk bisa mencapai target yang ditentukan. Tapi lari juga ada keuntungannya, selain tubuh banyak bergerak juga mendapat banyak keringat yang keluar. Maka itu disarankan sebelum olahraga lari makan yang banyak ya biar mendapatkan asupan tenaga dan gizi! :D.

Jangan sembarang makan, tetapi makanlah makanan yang mengandung serat seperti untuk sarapan bisa mengonsumsi roti gandum, putih telur, oatmeal, serta tidak lupa untuk meminum segelas susu juga supaya bisa mendapatkan asupan yang lebih bagus lagi terutama untuk tulang yang kaya akan kalsium.

Setelah menunggu satu atau dua jam barulah disarankan untuk berolahraga lari. Tapi jangan langsung lari sebab pasti akan cepat lelah. Lebih baik jalan biasa saja dulu, kira-kira 10-15 menit baru mulai untuk lari-lari kecil alias jogging nanti kalau sudah merasa cukup baru deh lari beneran. Nahh untuk masalah lari sayapun sekarang juga lumayan senang dengan olahraga ini karena memang terbukti sih membakar banyak lemak dalam tubuh.

Jadi waktu itu baru beberapa hari saya mengikuti fitness, sayapun melakukan stretching dulu seperti biasa, lalu dengan semangatnya langsung lah menuju treadmill dan disitu saya melakukan olahraga jalan biasa terlebih dahulu. Saya begitu menikmati sekali olahraganya dan dengan semangatnya pula saya tidak sungkan-sungkan untuk menambah speed pada treadmill itu.

Disini speednya bisa diatur sesuka kita, kalau jalan itu speednya 3.0 sampai 4.5 lalu untuk jalan cepat bisa 5.0 sampai 6.0, nah kalau sudah diatas 6.0 sudah mulai jogging. Kemudian diatas 7.0 -- 8.0 sudah mulai lari. Disini saya mengatur speed 8.5 sampai 9.0. Waah disitu membutuhkan tenaga besar untuk bisa berlari kencang.

Hap.... Hap... Hap.... Begitulah suara yang keluar dari mulut saya. Saya menghembuskan nafas melalui mulut supaya tidak cepat capek. Saya pun terus bersemangat untuk berlari agar lemak-lemak ditubuh menjadi hilang dan keringat keluar banyak. Sembari berlari saya sambil menikmati asyiknya musik di tempat fitness tersebut. Kebetulan sekali musiknya mendukung untuk berolahraga. Lagunya keren, bassnya kencang, serta tiada henti-hentinya.

Tidak terasa selama saya berlari sudah menghabiskan kurang lebih 200-an kalori dan itu berlari selama kurang lebih 5 menit lah... Karena sudah merasa capek sayapun mulai berjalan, disitu keringat yang keluar banyak sekali sampai nafas saya ngos-ngosan. Huuuh..... huuuh... huuuhhh..... Tapi tak masalah. 

Hal ini tak membuat saya patah semangat untuk terus berolahraga. Setelah jalan dirasa cukup, barulah saya berhenti dan duduk sejenak untuk melanjutkan cardio di treadmill berikutnya (sesi kedua). Sembari menunggu, saya juga bermain alat di tempat fitness itu, diantaranya untuk membesarkan otot dada, kaki, perut, dan banyak lagi. Pokoknya saya memainkan hampir semua alat deh! Seruuuu....

Setelah semua alat sudah selesai dimainkan, seperti biasa saya minum lalu istirahat lagi 15 menit dengan meluruskan dan menggerakkan kaki untuk cardio berikutnya. Yap, setelah merasa enakkan barulah cardio dimulai lagi.... Awal mulai lagi saya merasa pusing mungkin karena kelelahan sudah lari di sesi sebelumnya. Tapi ini tidak membuat saya putus asa, saya pasti bisa untuk cardio di sesi dua ini dengan lebih semangat lagi.

Ternyata sesuai dengan janji itu sayapun bisa bersemangat lagi di cardio sesi kedua ini. Apalagi ditemani minuman pocari sweat, yang berfungsi untuk mengembalikan ion dan tenaga yang hilang. Awal saya cardio lagi seperti biasa berjalan dulu perlahan lalu sekitar 15 menitan saya mulai untuk lari lagi. Ya, sama seperti sesi pertama, namun bedanya disini saya lari dua kali. Dengan artian 5 menit lari, kemudian beberapa menit lagi berjalan biasa.

Lalu setelah merasa enakkan dan tidak capek saya lari kembali untuk kedua kalinya. Tidak peduli orang disekitar mau berkata apa, yang penting tujuan saya ke fitness adalah untuk olahraga saja. Sebelum memulai lari saya menyempatkan untuk minum pocari sweat dulu supaya dapat tenaga yang lebih ekstra. Yaa!.... Yaa!... Yaa!!!! Begitu kata-kata yang keluar dari mulut saya (namun tidak keras hihihi). Sampailah pada 30 menit lebih saya cardio tapi untuk lari hanya 5 menit saja sih, itu sudah lumayan untuk saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun