Mohon tunggu...
Angga Asmara
Angga Asmara Mohon Tunggu... karyawan swasta -

bekerja di kantor swasta

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kartu BPJS Bermasalah Tidak Ada Solusi

17 Desember 2014   22:18 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:06 1179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari minggu tanggal 30 november 2014 adalah hari yang bahagia bagi keluarga kami, betapa bahagia karena kabar kehamilan sang istri telah di beritahukan oleh bidan. untuk itu kami mulai memperhitungkan biaya cek rutin dan biaya persalinan. ketika bertanya biaya persalinan ternyata biayanya lumayan mahal. akhirnya kami teringat dengan asuransi yang belum pernah kami pakai sejak february 2014 yaitu BPJS. akhirnya kami mencoba mencari informasi tentang cara penggunaan BPJS ini. setelah kami cek ternyata fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tercantum di kartu BPJS tidak ada bidan atau dokter kandungan. akhirnya kami mencoba mencari FASKES tingkat pertama yang ada bidanya. Setelah cek sana -sini ditemukan lah Klinik Dr Ranny yang berada di jl buaran raya serpong tanggerang. walaupun letaknya sangat jauh dari tempat tinggal namun disitulah klinik yg ada bidanya. akhirnya tanggal 3 desember 2014 kami mendatangi kantor BPJS yang berada di cikokol tangerang untuk merubah data FASKES tingkat 1. setelah mengantri dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore akhirnya nomor antrian kami dipanggil. namun betapa kagetnya ternyata BPJS yang kami miliki tidak dapat digunakan karena menunggak pembayaran selama 3 bulan menurut BPJS. akhirnya kami dibuatkan kartu baru dan faskes dirubah ke klinik dr ranny namun belum dapat digunakan. keesokan harinya saya bertanya pada pimpinan kantor tentang pembayaran BPJS, namun jawabanya sudah dibayar sampai bulan november. dan langsung membayar bulan november. besoknya tanggal 11 desember saya disuruh ke kantor BPJS untuk mengambil kwitansi asli dan memberikan bukti bayar ke kantor BPJS, pada tanggal 11 desember 2014 saya mengantri di bagian keuangan kantor BPJS pasar minggu jakarta selatan. dari jam 1 sampai jam 5 ternyata kantor saya harus melakukan rekonsiliasi terlebih dahulu ke kantor BPJS duren tiga. setelah melakukan rekonsiliasi ada kelebihan pembayaran dan selesai lah semua urusan tagihan dan iuran. namun betapa kagetnya saya setelah mendatangi kembali klinik dr Ranny ternyata kartu saya masih ada dalam penangguhan oleh BPJS. pada tanggal 15 desember 2014 saya coba telp ke 500400 ternyata kartu saya tidak terdaftar di 500400 (pusat layanan BPJS). menurut mereka bila kartu ingin digunakan bawa kartu dan tunjukan bukti pembayaran terakhir ke klinik dr ranny dan selesaikan masalah kepesertaan di BPJS pasar minggu. akhirnya saya coba datangi klinik dengan membawa bukti bayar terakhir. tetapi ternyata mereka menolaknya karena tidak mengerti cara seperti itu. keesokan harinya saya pun pergi ke pasar minggu untuk menyelesaikan masalah ini. di pasar minggu setelah saya bertemu dengan resepsionis saya ceritakan masalah kartu peserta saya. kata resepsionist silahkan ke lantai 2 ke bagian keuangan. dibagian keuangan setelah saya mengantri dari jam 9 sampai jam 12 ternyata saya di suruh ke bagian kepesertaan di lantai 1. setelah saya tanya resepsionis lagi resepsionis kekeuh saya di suruh ke lantai 2. setelah ngotot-ngototan kalo di lantai dua gabisa selesaikan masalah saya di suruh kembali besok tanggal 18 desember 2014 sebelum jam 9, karena loket antri dibuka dari jam 8 sampai jam 9. Akhirnya saya pulang dengan kecewa selama 1 minggu hanya mengurus BPJS tidak berhasil sampai saat ini. dan saya putuskan untuk menggunakan biaya sendiri ke klinik. karena banyak kekecewaan saya dengan BPJS kesehatan. 1 menghabiskan biaya untuk pulang pergi tangerang jakarta selatan 2 pekerjaan terbengkalai 3 masalah belum selesai dan tidak tau letak masalah dimana 4 telat makan & menahan buang air kecil hanya karena antri yang tidak menggunakan nomor antrian Entah kemana saya harus mengadukan masalah BPJS ini sudah habisa biaya ongkos pulang pergi tangerang - jakarta selatan. saya sangat kecewa sekali pada BPJS nomor BPJS saya 0001124161615 a.n Angga Asmara

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun