Mohon tunggu...
Angel Graceline
Angel Graceline Mohon Tunggu... Seorang pelajar dengan minat tulisnya.

Pelajar SMA Kelas XII Jurusan IPS Sekolah Dian Harapan, Lippo Cikarang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bertarung Melawan Tantangan Globalisasi dengan Jiwa Pancasila

27 Oktober 2020   07:05 Diperbarui: 27 Oktober 2020   07:17 158 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bertarung Melawan Tantangan Globalisasi dengan Jiwa Pancasila
Teknologi Masa Kini; Laptop (dokumentasi pribadi)

Halo, sobat pembaca! Saat ini kita hidup di zaman yang begitu maju dan serba mudah. Apakah kalian tahu bagaimana manusia bisa berkembang sampai saat ini? Jika kita lihat, 15 tahun lalu, manusia belum begitu mengenal teknologi canggih. Jika dibandingkan dengan hari ini, telepon genggam, internet, komputer, dan teknologi lainnya adalah hal yang umum dan biasa kita lihat atau miliki. Perkembangan yang begitu pesat ini dapat terjadi karena globalisasi!

Globalisasi adalah kata yang terkenal dan sering digunakan. Tapi, apakah kalian dapat mengartikannya dengan tepat? Yuk, kita bahas pengertian globalisasi langsung dari pakarnya! Menurut Lodge, globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam aspek budaya, ekonomi, politik, teknologi maupun lingkungan.

Pada awalnya, globalisasi sendiri bukanlah kata yang seringkali digunakan. Namun seiring berkembangnya zaman, berbagai faktor mempercepat terjadinya globalisasi sehingga akhirnya globalisasi menjadi hal yang umum. Pertama, kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi faktor yang mempercepat globalisasi. Dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, jarak antar individu menjadi semakin dekat. Masyarakat yang saling berjauhan menjadi lebih dekat. Komunikasi pun menjadi semakin mudah dan meluas antar masyarakat.

Selanjutnya, kemajuan transportasi. Di abad ke-20, transportasi dapat dikatakan sebagai salah satu sektor yang masih terbatas. Transportasi paling umum adalah kereta, hewan, kapal, ataupun kaki. Saat ini, jenis kendaraan yang dapat digunakan masyarakat semakin melimpah, pesawat dan kereta cepat adalah salah satu contoh transportasi yang tidak ada sebelumnya. 

Sebelum terjadi kemajuan transportasi, masyarakat memerlukan waktu yang lama untuk bepergian ke suatu tempat. Kini, untuk berpergian ke negara lain, hanya memerlukan beberapa jam saja. Keamanan bertransportasi pun semakin meningkat seiring dengan berkembangnya transportasi itu sendiri.

Kemajuan transportasi menjadi awalan dari kemudahan migrasi masyarakat. Dengan mudahnya migrasi, masyarakat dapat mengembangkan bidang pendidikan, teknologi, perdagangan, dan sebagainya. Perkembangan dari sektor yang disebutkan tersebut dapat melebarkan sayap globalisasi untuk semakin meluas.

Sistem ekonomi terbuka dan perdagangan bebas juga menjadi faktor cepatnya globalisasi. Dengan perekonomian yang terbuka, suatu negara dapat bekerja sama dengan negara lainnya dan mencapai kemajuan yang lebih lagi bagi negara tersebut. Pada akhirnya globalisasi seperti impor-ekspor menjadi semakin marak. Dengan perdagangan bebas, masyarakat di suatu negara dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih mudah dan murah. Hal tersebut dapat memperkuat timbulnya globalisasi.

Kali ini, kita akan membahas bagaimana perkembangan salah satu sektor yang paling berpengaruh saat ini; IPTEK, di era globalisasi. Tak dapat dipungkiri, ilmu pengetahuan dan teknologi di abad ke 21 ini sudah begitu maju. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh secara bebas dan lebih meluas. Teknologi sendiri sudah menjadi perangkat yang umum digunakan dan bahkan wajib digunakan.

Di era globalisasi sendiri, IPTEK mengalami perkembangan yang luar biasa pesat di tiga bidang. Tiga bidang tersebut meliputi transportasi, komunikasi, dan informasi. Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi dimulai pada tahun 1962, tahun berdirinya TVRI yang merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia. Lalu ada satelit Palapa milik PT. Telkom Indonesia yang beroperasi sejak 44 tahun lalu (1976). Satelit ini jelas membuktikan upaya pemerintah membangun sistem informasi saat itu.

Dengan bergulirnya zaman, bidang pengetahuan dan informasi pun turut mengalami kemajuan. Dikarenakan teknologi yang telah berkembang sebelumnya, transportasi, komunikasi, dan informasi pun turut ikut berkembang. Perkembangan internet pun mempengaruhi perluasan infromasi di negara ini. Kini, masyarakat Indonesia dapat memperoleh pengetahuan di luar tanah air dengan mudah. Masyarakat pun merasakan hidup yang lebih bebas dan mudah dikarenakan kemajuan dari tiap-tiap bidang yang disebutkan sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x