Mohon tunggu...
Angela Sunaryo
Angela Sunaryo Mohon Tunggu... Fighting~

Seorang siswa di SMA Dian Harapan Cikarang 2019/2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Infographic: Sistem Pemerintahan Negara Switzerland (Swiss)

23 September 2019   23:06 Diperbarui: 30 September 2019   20:07 392 3 8 Mohon Tunggu...
Infographic: Sistem Pemerintahan Negara Switzerland (Swiss)
swiss-new-5d91f6a7097f3663bf4480a4.png

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menyertai saya dalam pelaksanaan tugas ini. Terimakasih juga kepada Ms. Wahyu, guru PKN, yang telah memberikan tugas kepada siswa untuk lebih mendalami mengenai sistem pemerintahan di berbagai negara. Berikut merupakan hasil karya infographic mengenai sistem pemerintahan negara Switzerland atau yang sering disebut Swiss. Tugas ini merupakan tugas pelajarn PKN kelas XII IPA 2 di SMA Dian Harapan Cikarang tahun ajaran 2019/2020. Semoga poster infographic ini dapat membantu :)

Switzerland merupakan negara federal yang menganut demokratis campuran yaitu langsung (hak inisiatif dan hak referendum) dan tidak langsung (wakil-wakil unit pemerintahan subnasional). Swiss memiliki kanton yang merupakan negara bagian dibawah sistem federalisme Swiss. Saat ini, Swiss memiliki sebanyak 26 kanton dengan bahasa yang beragam: 17 Swiss-German, 4 Swiss-Romande, 1 Italy, 3 Perancis-German, 1 German-Italia-Rumantsch. 

Sistem pemerintahan Swiss dibagi menjadi eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pada bagian eksekutif, Swiss memiliki kepala negara yang disebut Bundesrat (dewan federal) yang dipilih oleh Majelis Federal sebanyak 7 anggota dengan jangka waktu 4 tahun. Kepala pemerintahannya dipilih oleh badan legislatif dari anggota Bundesrat yaitu 1 ketua dengan jangka waktu 1 tahun yang disebut sebagai Bundespresiden. Kemudian, kementrian berada di tangan anggota. Pada bagian legislatif, Bundesversammlung (majelis federal) dibagi menjadi Nassionairat dan Standerat. Nassionairat terdiri dari 190-200 anggota dengan masa jabatan 4 tahun dan dipilih oleh rakyat. Sedangkan Standerat memiliki 44 anggota yang dipilih oleh dewan kanton dengan masa jabatan yang bergantung pada kanton. Pada bagian yudikatif, ada Federal Tribunal (Mahkamah Agung) yang terdiri dari 30 hakim yang ditunjuk oleh Majelis Federal. Lalu, masa hukum kanton dibagi menjadi dua atau tifal level pengadilan. 

Berikut merupakan fakta unik dari Swiss:

Di Swiss, warga negara yang diatas umur 18 tahun keatas dapat mengikuti pemilu. Kemudian, apabila ada amandemen konstitusi, maka akan dilakukan melalui petisi 100000 pemilh dan harus dirtrifikasi melalui referendum. Didier Burkhalter adalah salah satu Bundespresiden dengan masa jabatan 1 tahun. Selanjutnya, di Swiss ada partai politik dengan ideologinya masing-masing. 

  • FDP.The Liberals (FDP/PRD) Classical liberalism 12
  • Social Democratic Party (SPS/PSS) Social democracy 9
  • Swiss People's Party (SVP/UDC) National conservatism 7
  • Green Party (GPS/PES) Green politics 2

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x