Mohon tunggu...
Ane Djara
Ane Djara Mohon Tunggu... Wiraswasta - Direktur PT ADJARMMANU

Pendiri dan Pembina Yayasan Adjarmanu

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peresmian PAUD Adjarmanu 96 Tamma di Matawai Pau, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur

23 Agustus 2015   17:29 Diperbarui: 23 Agustus 2015   17:29 76 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[caption caption="Foto Bersama Camat Pahunga Lodu"][/caption] AdjarmanuNews - Jumat, 21 Agustus 2015 adalah hari yang sangat bersejarah bagi Desa Tamma, Kecamatan Pahunga Lodu dan bagi Adjarmanu Foundation dimana pada hari tersebut dibukanya satu unit Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di desa Tamma. Desa ini merupakan satu-satunya desa di Kecamatan Pahunga  Lodu yang belum ada PAUD. Masih ada beberapa  tempat di desa ini dengan jumlah penduduk yang banyak, sehingga aktivitas rintisan PAUD tidak terhenti sampai disini.  Hal ini menjadi sangat penting bagi masyarakat setempat dalam rangka mendukung program pemerintah terkait Pendidikan Anak Usia Dini. Arah  kebijakan Direktorat PPTK PAUDNI yang dirumuskan dalam Rencana Strategis Direktorat PPTK PAUDNI 2010-2014 yakni menekankan pada pencapaian misi 5K, yaitu meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan, meningkatkanketerjangkauan layanan pendidikan, meningkatkan kualitas/mutu dan relevansi layanan pendidikan, meningkatkan kesetaraan dalam memperoleh layanan pendidikan dan meningkatkan kepastian/keterjaminan memperoleh layanan pendidikan, dalam rangka mewujudkan layanan prima pendidikan nasional untuk membentuk insan Indonesia cerdas.2014, mengacu pada Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2010-2014, yakni menekankan pada pencapaian misi 5K, yaitu meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan, meningkatkan keterjangkauan layanan pendidikan, meningkatkan kualitas/ mutu dan relevansi layanan pendidikan, meningkatkankesetaraan dalam memperoleh layanan pendidikan dan meningkatkan kepastian/keterjaminan memperoleh layanan pendidikan, dalam rangka mewujudkan layanan prima pendidikan. Adjarmanu Foundation (AF) adalah salah satu yayasan yang bekerja sama dengan pemerintah dalam hal menyelenggarakan pendidikan, baik formal maupun informal. Dalam berjalannya waktu, telah cukup lama, tim dari Adjarmanu memiliki kerinduan untuk mendirikan PAUD di Desa Tamma, sebab di desa tersebut belum ada PAUD, sementara anak usia dini sangat banyak. Persoalannya adalah, ketersediaan tenaga pendidik. AF sendiri mendirikan Pos-pos PAUD di Desa Hanggaroru dan Desa Lailanjang sebanyak 7 PAUD, sementara desa Tamma adalah desa yang berbatasan wilayah secara langsung.  Pelaksanaan Kegiatan Pembukaan dan Peresmian PAUD:  Kegiatan sebelumnya telah dijadwalkan oleh Pemerintah Desa Tamma dan akan berlangsung pada hari Jumat, 21 Agustus 2015 Pukul 09:00 Wita di Matawai Pau, tetapI karena satu dan lain hal, kegiatan ini berlangsung mulai jam 1 siang. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, hadir Bapak Camat Pahunga Lodu bersama istri, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, rekan-rekan dari sekolah seperti Kepala SD Tamma, Kepala SMP Satap Tamma, Kepala SD Praipuluhamu, Kepala SMP Prai Puluhamu, dan tidak lupa anak-anak PAUD sendiri.  

Kegiatan Peresmian berlangsung dengan khidmat. Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Rima Djara (Guru SD Prai Puluhamu), selanjutnya sambutan-sambutan dan pembukaan PAUD Adjarmanu 96 Tamma oleh Camat Pahunga Lodu. Selesai kegiatan pembukaan oleh Bpk. Camat, dilanjutkan Renungan Singkat oleh Guru Injil Imanuel sebagai ungkapan syukur atas perbuatan Tuhan. Dalam kesempatan ini, Bunda PAUD Kecamatan Pahunga Lodu menyampaikan manfaat PAUD bagi masa depan anak dan masyarakat setempat."Jika kita benar-benar mencintai anak kita, maka kita tidak pelit terhadap mereka. Beri mereka makanan yang bergizi sehingga mereka tumbuh kembang secara sempurna". Bunda PAUD pun menyerahkan sedikit bantuan bagi pendidik dan pengelola.  Pemeritah Kecamatan dan Desa setempat berkomitmen untuk mendukung keberlangsungan PAUD ini dengan mengalokasikan sejumlah dana dari ADD untuk ketersediaan alat peraga dalam/luar maupun makanan tambahan bagi anak-anak.  Masyarakat Tamma sangat menyambut baik keberadaan PAUD tersebut. Harapannya adalah, PAUD itu dapat berlangsung dengan baik dari waktu ke waktu.  Sebagai wujud sukacita  dari masyarakat, mereka pun menyediakan jamuan makan siang yang terbaik bagi para hadirin dan dekorasi yang sangat indah.  Adjarmanu Foundation (AF) dan Pemerintah setempat berkomitmen untuk mendukung keberlangsungan PAUD Adjarmanu 69 Tamma. Seluruh kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik oleh karena kerja sama antara masyarakat setempat yang dipelopori oleh Bpk. Kepala Desa, Bpk. Matias Bangu, dan seluruh warga desa. Dimasa yang akan datang, akan ada pembukaan PAUD di beberapa tempat yang berbeda. (AND)  "Always Learning" 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan