Mohon tunggu...
andry natawijaya
andry natawijaya Mohon Tunggu... apa yang kutulis tetap tertulis..

yang enteng-enteng aja...

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Menanti Kiprah Facebook Pay dan WhatsApp Pay

23 November 2019   13:11 Diperbarui: 24 November 2019   02:47 0 11 3 Mohon Tunggu...
Menanti Kiprah Facebook Pay dan WhatsApp Pay
Ilustrasi: theguardian.com

"Eureka!" Teriak Archimedes (287-212 SM) ketika dirinya saat bermaksud berendam untuk mandi menemukan gagasan dasar apa yang kelak disebut dengan Hukum Archimedes. 

Pada intinya Hukum Archimedes merumuskan bahwa setiap benda yang tercelup baik keseluruhan maupun sebagian dalam fluida, maka benda tersebut akan menerima dorongan gaya ke atas.

Dikisahkan bahwa Archimedes menemukan rumusan tersebut secara tidak sengaja di dalam bak mandi, dan saking girangnya pada saat itu Archimedes langsung beranjak dari bak mandinya berlari ke menulusuri jalanan Syracuse tanpa mengenakan busana.

Eureka berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti saya telah menemukannya. Ucapan ini identik dengan hasil penemuan di bidang sains dan penelitian. Ungkapan rasa bahagia telah menemukan sesuatu.

Ilustrasi: livescience.com
Ilustrasi: livescience.com
Jika Archimedes berhasil menemukan dasar pemikiran teorinya ketika sedang mandi, lain lagi dengan pengalaman Mark Zuckerberg  menemukan konsep awal dari Facebook (FB) di tahun 2003, ketika sedang menjadi mahasiswa di Harvard. 

Bermulai dari jaringan media sosial yang diperuntukkan bagi para mahasiswa di lingkungan Harvard, tahun-tahun berikutnya Facebook berkembang pesat dan kemudian menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka.

Saat ini FB memiliki banyak lini bisnis, produk media sosial turunan dari FB yang juga populer adalah Whatsapp (WA) dan Instagram (IG). Media sosial besutan FB menjadi tren juga turut merubah gaya hidup masyarakat, serta tentunya bagi FB mendatangkan uang lebih banyak.

Pada suatu forum, Mark Zuckerberg mengemukakan bahwa dirinya memiliki cita-cita untuk menciptakan media teknologi finansial yang berguna bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengirimkan dana semudah mengirimkan foto. 

Ucapan Mark Zuckerberg tersebut bukan hal mengawang-awang, karena apa yang dikatakan memang didasarkan pada kemampuan teknologi perusahaanya.

Facebook Pay dan Whatsapp Pay

Tahun 2018 WA mengumumkan akan merilis fitur pembayaran berbasis aplikasi WA dengan nama Whatsapp Payment atau Whatsaap Pay. Fitur ini menawarkan kemudahan proses pengiriman uang layaknya melakukan chatting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN