Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

● Tulislah apa yang ingin kamu sampaikan selagi itu bermanfaat. Menulis itu hobi, mencurahkan pikiran dalam serangkaian kata. ● Politeknik Negeri Jember. Menempuh pendidikan D3-Manajemen Agribisnis 19 (2019-2022).

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Ujian Berat Anthony Ginting Kala Bersua Cheng Long di Semifinal

31 Juli 2021   20:20 Diperbarui: 31 Juli 2021   20:53 747 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ujian Berat Anthony Ginting Kala Bersua Cheng Long di Semifinal
Sosok Cheng Long yang akan melawan Ginting di partai semifinal besok (sumber ilustrasi: bolalob.com)

Serangkaian partai perempat final bulu tangkis tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020 telah usai. Empat atlet telah memastikan diri di semifinal. Partai semifinal akan berlangsung di Mushashino Forest Plaza, pada Minggu (01/08/21) pukul 11.00 waktu setempat.

Keempat atlet yang akan bersua pada partai semifinal bulu tangkis tunggal putra kali ini yaitu, Kevin Cordon (Guatemala), Viktor Axelsen (Denmark), Anthony Ginting (Indonesia), Chen Long (China).

Partai pertama semifinal mempertemukan Kevin Cordon vs Viktor Axelsen, setelah itu, dilanjutkan partai kedua, Anthony Ginting vs Cheng Long.

Anthony Ginting vs Cheng Long
Partai semifinal besok akan menjadi ujian berat kedua sebelum menapaki partai final. Lawan Anthony Ginting kali ini juga bukan sembarang atlet. Cheng Long merupakan atlet bulu tangkis tunggal putra andalan China pasca pensiunnya Lin Dan.

Saat ini Cheng Long berada di peringkat 6 dunia tunggal putra, satu tingkat persis dibawah Anthony Ginting yang berada di peringkat 5. Meski begitu, Cheng Long sendiri sempat menempati peringkat 1 dunia tunggal putra pada tahun 2014, sebelum akhirnya mengalami beberapa kekalahan, antara lain saat melawan Lin Dan dan Anthony Ginting.

Anthony Ginting tercatat sudah pernah bertemu sebanyak 12 kali dengan Chen Long. Dari semua pertandingan, Anthony Ginting memenangi 8 partai,sementara itu, 4 partai dimenangkan Cheng Long. Secara statistik Anthony Ginting mengungguli Cheng Long, namun tetap saja, ia pernah kalah melawan wakil dari China ini. Maka dari itu, Anthony Ginting harus tetap waspada pada permainan Cheng Long.

Usia Cheng Long kini menginjak 32 tahun, sedangkan Anthony Ginting masih 24 tahun, hal ini menjadi modal penting baginya untuk menghadapi Cheng Long.

Cheng Long merupakan tipe pemain yang suka bermain netting yang kerap menyusahkan lawan, sementara itu, Anthony Ginting merupakan tipe pemain yang mengandalkan smash yang powerfull. Cheng Long pun mengakui bahwa Anthony Ginting merupakan pemain muda yang penuh semangat dan bermental kuat saat bertanding.

"Ginting masih muda dan dia masih punya banyak energi untuk tipe bermain seperti itu. Tahun ini dia bisa menanjak karena mental bertandingnya stabil. Saya rasa ini yang membuatnya ada di level yang lebih tinggi," ujar Cheng Long seusai kalah dari Ginting pada partai perempat final China Open 2018.

Semoga saja Anthony Sinisuka Ginting besok dapat bermain dengan baik dan dapat maju ke partai final, serta dapat menjuarai bulu tangkis tunggal putra demi mempersembahkan medali emas untuk Indonesia.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN